Akhirnya, CFD Kota Bogor Datang Lagi

Akhirnya, CFD Kota Bogor Datang Lagi
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor- Absen sekitar lima bulan, hari bebas dari kendaraan kembali digelar di Kota Bogor. Kemungkinan Minggu (1/3) sudah terulang kembali.

Pemerintah Kota Bogor kembali memberlakukan hari bebas dari kendaraan bermotor atau lebih dikenal car free day (CFD) di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.  CFD di Kota Hujan akan kembali diberlakukan pada Minggu (1/3).

Ini kali pertama CFD diberlakukan kembali setelah absen selama sekitar lima bulan. Sejak 22 September 2019 lalu, kegiatan hari bebas dari kendaraan bermotor ini ditiadakan karena adanya pembangunan fly over Martadinata.

“Berdasarkan hasil rapat pembahasan terakhir kemarin di Pos Pam Terpadu yang dihadiri Polresta Bogor Kota, Dishub, Satpol PP, Kodim, Pusdikzi, Bagian Prokompim dan Dinas Koperasi dan UMKM, mulai Minggu 1 Maret 2020 Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau CFD akan kembali dibuka di Jalan Jenderal Sudirman,” ungkap Kepala Bidang Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan Kota Bogor, Dody Wahyudin, Jumat (28/2).

Dody juga menuturkan, waktu pelaksanaan CFD sama seperti sebelumnya, yakni mulai dari pukul 06.00 WIB sampai 09.00 WIB. Untuk titik parkir kendaraan pihaknya menyiapkan di beberapa lokasi seperti di samping Bank BTN, halaman Lautan, seberang PLN, halaman Bogor Permai, dan depan martabak Air Mancur.

“Mudah-mudahan minggu ini bisa berjalan lancar dan meriah. Bagi yang akan berolahraga di area CFD silahkan memarkirkan kendaraannya di tempat yang disediakan,” katanya.

Menurut Dody, sesuai tujuannya, area CFD digunakan untuk berjalan kaki, bersepeda, jogging dan olahraga lainnya. Untuk itu, pihaknya meminta pedagang kaki lima (PKL) tidak memakai trotoar, badan jalan dan taman untuk berjualan. “Pengendara yang awalnya akan melewati jalan Jenderal Sudirman untuk mencari jalan alternatif,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor, Samson Purba meminta agar PKL tidak berjualan di trotoar, badan jalan dan taman. 

“Secara khusus saya meminta agar semua pihak sama-sama menjaga kebersihan serta sarana dan prasarana umum yang ada di sekitar area CFD,” singkatnya.

Terpisah, Kabid Dalops pada Satpol PP Kota Bogor Theofilo Patricinio mengatakan, dirinya siap mengamankan CFD dari PKL yang menggunakan bahan jalan juga trotoar, meski minim anggota. Dirinya mengimbau agar PKL menggunakan pelataran ruko ataupun perkerasan di halaman toko untuk berjualan.

“Mudah-mudahan pedagang lebih tertib, pelataran ruko bisa dipakai. Harus dibatasi juga jumlah pedagangnya. Kendaraan tidak boleh parkir di dalam, apalagi sambil berjualan. Kami terjunkan 15 sampai 20 orang personil untuk terjun ke lapangan,” pungkasnya. (Rizki Mauludi)