Bima Terima 1.000 Surat Dukungan Penerapan Perda KTR

Bima Terima 1.000 Surat Dukungan Penerapan Perda KTR
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Penerapan peraturan daerah (Perda) kawasan tanpa rokok (KTR) Pemkot Bogor kini mendapatkan sokongan daru. Akhir pekan lalu, pelajar dan mahasiswa se-Kota Bogor mengirimkan 1.000 surat dukungan.

"Secara bergerilya, kita mendatangi setiap sekolah dan kampus meminta dukungan melalaui surat yang ditulis dalam selembar kertas. Akhirnya, 1.000 surat terkumpul. Hari ini kami serahkan langsung kepada Wali Kota Bogor," kata Firman, koordinator pelajar dan mahasiswa di Bali Kota Bogor, Jumat (28/2/2020).

Menanggapi aksi itu, Wali Kota Bogor Bima Arya menyambut positif sokongan yang diberikan kalangan pelajar dan mahasiswa.

Menurutnya, persoalan rokok itu tak hanya menyangkut kesehatan saja. Sebab, isu kesejahteraan masyarakat pun bersinggungan dengan rokok. 

"Ada kajian atau dari berbagai kajian yang menunjukkan bahwa tingkat kemiskinan juga ada hubungannya dengan angka merokok, jadi banyak orang yang semakin susah karena merokok jadi banyak data yang menunjukkan anak-anak itu kurang gizi dan lain-lain. Itu karena orang tuanya banyak uang yang lebih dihabiskan untuk membakar rokok daripada memberikan atensi kepada anak-anaknya terkait kesehatan dan pendidikan," jelas Bima.

Dia menyebutkan, terkait adanya gugatan penerapan Perda KTR itu pihaknya dimenangkan lembaga yang memiliki otoritas. (Rizki Mauludi)