Menentukan Gim yang Tepat Bagi Buah Hati

Menentukan Gim yang Tepat Bagi Buah Hati
ilustrasi

INILAH, Jakarta-Sangat normal bagi anak-anak untuk bermain gim, baik pada jenis komputer dan seluler, namun tidak semua permainan (atau gamer) adalah sama. Untuk itu, tulisan di sebuah kotak permainan dan deskripsi online mengenai batasan usia bukanlah sebuah informasi tanpa sebuah tujuan. 

Kaspersky membahas tentang bagaimana penentuan klasifikasi ini, apa saja alasan di baliknya, dan seberapa ketat batasan tersebut dalam praktiknya.

Siapakah yang Menetapkan Batasan Usia Untuk Gim Video?

Terdapat sekitar dua lusin sistem peringkat usia gim video yang ada di seluruh dunia. Sebagian besar negara Eropa, misalnya, mematuhi standar Pan European Game Information (PEGI), dan di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko, penetapan batasan dilakukan oleh Entertainment Software Rating Board   (ESRB). Jerman, Rusia, Australia, dan beberapa negara lain juga menggunakan berbagai sistem klasifikasi. 

Jepang memiliki dua lembaga yang berwenang: Computer Entertainment Rating Organization (CERO) dan Ethi’cs Organization of Computer Software (EOCS). Untuk App Store pada Apple, mereka menggunakan sistemnya sendiri. 

Sementara itu, Google Play mendukung berbagai standar regional, tetapi di sebagian besar negara menggunakan sistem International Age Rating Coalition  (IARC). Dengan kata lain, terdapat banyak peringkat gim video yang berbeda, dan klasifikasi mana yang tepat untuk dijadikan pedoman sepertinya bukan terdengar hal yang mudah. 
Bagaimana Menafsirkan Batasan Usia

Sebagian besar sistem menunjukkan usia minimum yang disarankan menggunakan nomor yang sesuai. Tetapi tidak semua angka-angka ini dapat dipahami secara harfiah. Misalnya, peringkat Rusia 0+ kira-kira sama dengan PEGI 3 (mis., Cocok untuk segala umur). Sementara itu, sistem seperti ESRB menggunakan deskripsi alih-alih angka: E - Semua Orang (everyone), T – Remaja (Teenager), dan sebagainya, tetapi setiap deskripsi sesuai dengan kelompok umur tertentu.

Dengan kata lain, tujuan dari klasifikasi ini adalah untuk memberi tahu pembeli bahwa gim tersebut mungkin mengandung bahasa dewasa, adegan kekerasan, dan konten yang mungkin tidak diinginkan lainnya.

Untuk membantu Anda memutuskan, selain batasan usia itu sendiri, banyak sistem menentukan mengapa gim mendapatkannya. Misalnya, ESRB menggunakan deskripsi verbal dari elemen yang dapat menyebabkan pelanggaran. Di Eropa, Korea Selatan, dan Jepang, di sisi lain, piktogram digunakan.

Di beberapa daerah, peringkat bersifat “memerlukan bimbingan (advisory)“; pada wilayah lain, mereka bersifat jauh lebih ketat. Di banyak negara, misalnya, adalah sebuah pelanggaran hukum untuk menjual gim 18+ kepada anak di bawah umur.

Mengapa Batasan Umur Bervariasi Berdasarkan Sistem Peringkat Perlu diingat bahwa negara berbeda memiliki definisi berbeda tentang apa yang termasuk konten tidak pantas. Sebagai contoh, game multipemain DayZ dilanda beberapa pembatasan ritel besar di Australia tahun lalu. Alasannya adalah bahwa pemain bisa mendapatkan bonus untuk penggunaan narkoba. 

Untuk dapat menembus toko-toko di Australia, para pengembang merilis versi modifikasi permainan.
Peringkat usia gim Death Stranding:
 ESRB: M — adults (17+)
 PEGI: 18+
 RARS (Russia): 18+
 ACB (Australia): MA15+
 OFLC (New Zealand): R13

The Sims 4 adalah contoh permainan yang diberikan klasifikasi usia yang berlawanan secara diametral pada berbagai negara: dari yang paling biasa (6+) hingga yang paling ketat (18+). Sementara sebagian besar sistem penilaian sepakat bahwa itu cocok untuk klasifikasi remaja. Di Rusia, gim tersebut diperuntukkan bagi orang dewasa karena permainan memungkinkan pemain untuk menciptakan pasangan sesama jenis dan bertengkar dengan kerabat. Sedangkan Jerman, misalnya, mengambil pandangan yang sama sekali berbeda: regulator Jerman menganggap The Sims, tanpa adanya kekerasan yang realistis, adalah cocok untuk orang yang lebih muda.

Peringkat usia The Sims 4:
 ESRB: T — teens
 PEGI: 12+
 RARS (Russia): 18+
 ACB (Australia): M — 15+
 USK (Germany): 6+

Peringkat Permainan Anak-anak
Situasi juga begitu beragam pada permainan anak-anak. Sebagai contoh, Pokémon Sword  dan Pokémon Shield adalah cocok untuk anak-anak dari segala usia menurut ESRB, meskipun mengandung kekerasan kartun. Tetapi di Eropa dan Rusia, itu dianggap sepenuhnya tidak pantas mata si kecil, PEGI menempatkan nya di peringkat usia 7 dan RARS di peringkat usia 6+ Peringkat usia Pokémon Sword dan Pokémon Shield:
 ESRB: E — everyone
 PEGI: 7+
 RARS (Russia): 6+

Bagaimana Memilih Gim yang Tepat Untuk Anak? 

Seperti yang Anda lihat, berbagai lembaga penentu batasan usia masih jauh dari suara bulat ketika berbicara mengenai klasifikasi gim video. Namun bukan berarti Anda harus menolak sebuah judul gim hanya karena anak Anda berusia lebih muda dari yang ditunjukkan pada kotak deskripsi aplikasi. 

Akan lebih baik jika itu terbentuk dari opini Anda berdasarkan pertimbangan sebagai berikut :

-Tidak hanya memperhatikan batasan usia, tetapi juga apa alasan sebuah gim tersebut dirilis. Jika Anda tinggal di negara yang tidak menyediakan konten dan informasi gim dalam kotak deskripsi, carilah secara online. Mengetahui tentang jenis permainannya akan membantu Anda untuk memutuskan.

-Bandingkan peringkat di negara Anda dengan negara lain untuk gambaran yang lebih komprehensif. Ingatlah bahwa, misalnya, kata-kata umpatan mungkin hilang dalam terjemahan, sehingga memungkinkan permainan tersebut memiliki batasan usia lebih tinggi di Negara-negara di mana pengucapan aslinya diucapkan dalam permainan.

-Tontonlah trailer game di YouTube atau pada situs web pengembang permainan. Baca atau menonton beberapa ulasan online - Anda dapat menemukan blogger dan vloggers permainan video di jejaring sosial apa pun. Itu biasanya cukup untuk mendapatkan gambaran yang layak tentang seperti apa permainan tersebut.

-Setelah pembelian, cobalah untuk memainkannya bersama sang buah hati. Cari tahu bagaimana cara permainan tersebut berjalan, dan bicarakan grafik, alur, serta dialog di dalamnya. 

Selalu dampingi buah hati ketika mereka bermain online. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan gagasan yang jauh lebih baik tentang apakah itu pilihan yang tepat untuk anak Anda, sekaligus mendapatkan waktu berkualitas bersama.

-Dan, agar buah hati tidak menghabiskan terlalu banyak waktu bermain gim, gunakan alat kontrol orangtua untuk menetapkan batas waktu. Misalnya, Kaspersky Safe Kids yang memungkinkan Anda menetapkan batas waktu baik di komputer maupun ponsel cerdas.