Virus Corona, Olimpiade 2020 Terancam Ditunda

Virus Corona, Olimpiade 2020 Terancam Ditunda
Ilustrasi/Net

INILAH, Jakarta - Penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020 terancam ditunda dari musim panas hingga akhir tahun ini, menyusul mewabahnya Coronavirus.

Dalam menanggapi pertanyaan di parlemen Jepang, Seiko Hashimoto (Ketua Olimpiade Jepang) mengatakan bahwa Komite Olimpiade Internasional (IOC) menyerukan agar Olimpiade tetap dilangsungkan di tahun 2020.

Tetapi Seiko menambahkan bahwa gelaran multi event, yang akan diadakan pada 24 Juli hingga 9 Agustus 2020, tersebut juga memiliki kemungkinan penundaan karena wabah coronavirus.

"Tapi kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk memastikan bahwa Olimpiade akan berjalan sesusai dengan rencana," sambung Hashimoto dikutip dari BBC.

Sejumlah acara olahraga terkenal telah dibatalkan atau ditunda karena wabah coronavirus, termasuk Kejuaraan Dunia Atletik Indoor dan Grand Prix Cina, yang dijadwalkan 19 April.

Namun Presiden IOC, Thomas Bach, mengaku tetap optimistis dan yakin Jepang bisa menjalankan Olimpiade sesuai dengan rencana, dan ia percaya Olimpiade Tokyo 2020 akan berhasil.

"Saya ingin mendorong semua atlet untuk melanjutkan persiapan mereka dengan penuh percaya diri dan semangat penuh," tambah pria asal Jerman itu.