INACA: Tiket Pesawat Bandung-Denpasar Turun

INACA: Tiket Pesawat Bandung-Denpasar Turun

INILAH, Bandung - Indonesia National Carriers Association (INACA) atau Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia sepakat untuk menurunkan harga tiket pesawat.

Ketua INACA Ari Ashkara mengatakan, komitmen penurunan harga tiket itu khusus terkait tarif domestik. Menurutnya, beberapa tarif penerbangan domestik turun sejak Jumat (11/1/2019) lalu.

“Harga tiket pesawat yang turun di antaranya untuk rute Jakarta-Denpasar, Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Surabaya, dan Bandung-Denpasar,” kata Ari dikutip Antara, Minggu (13/1/2019).

Dia menjelaskan,  keputusan tersebut diambil berdasarkan komitmen positif dari stakeholder,. Antara lain Angkasa Pura I, Angkasa Pura II, Airnav, dan Pertamina. Dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta itu pun dihadiri beberapa maskapai antara lain Garuda Indonesia, Airasia, Sriwijaya Group, Lion Air Group, dan Citylink.

Ari menyebutkan, mulai Minggu (13/1/2019) atau Senin (14/1/2019) ini maskapai juga akan menurunkan harga tiket penerbangan untuk rute domestik lainnya. Di antaranya Jakarta-Padang, Jakarta Pontianak, dan Jakarta-Jayapura.

Meski ada penurunan tiket, dia mengharapkan maskapai tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan penumpang. Penurunan harga yang dilakukan maskapai anggota INACA itu sesuai dengan ketentuan dan regulasi yang ditetapkan, dan diawasi pihak berwenang.

Dia menambahkan, kepada maskapai penerbangan khususnya maskapai penerbangan bertarif medium dan bertarif rendah atau low-cost carrier (LCC) itu INACA mengimbau untuk terus meningkatkan keamanan dan keselamatan penumpang.

“Mereka berkomitmen untuk mendukung keputusan ini, sehingga maskapai bisa mengurangi biaya-biaya yang ditanggung, sehingga bisa mengurangi biaya-biaya variabel penerbangan,” jelasnya.