Sejuta Pohon Selamatkan Citarum

Sejuta Pohon Selamatkan Citarum

INILAH, Bandung – Sebanyak 1 juta pohon akan ditanam Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bersama Satgas Citarum pada tahun ini. Tujuannya, untuk memulihkan lahan kritis di sepanjang daerah aliaran sungai (DAS) Citarum. 

Berbagai jenis pohon tersebut akan ditanam baik di dalam maupun di luar kawasan DAS Citarum. 

Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono mengatakan, saat ini luas lahan kritis yang terdapat di dalam area DAS Citarum mencapai 15.000 hektare. Sementara, luas lahan kritis di luar area DAS Citarum mencapai 64.000 hektare.

"Untuk mengatasinya, sepanjang 2019 kami telah menanam hingga 1,5 juta pohon untuk mengkonservasi lahan kritis," ujar Tri Soewandono.

Pada tahun ini, Tri Soewandono menyebutkan, pihaknya menargetkan sebanyak 1 juta pohon akan kembali ditanam. Lokasi diprioritaskan berada di dalam area DAS Citarum.

"Sekarang yang siap tanam ada sekitar 1 juta pohon. Diutamakan (lahan kritis) yang ada di dalam kawasan dulu," ungkapnya.

Sepanjang musim hujan tahun ini, Tri Soewandono mengatakan, aksi penanaman pohon telah dimulai. Jenis yang ditanam beragam, mulai dari pohon keras hingga kopi.

"Sekarang sudah beberapa ratus ribu yang ditanam. Pohon kopi saja sudah ada 300.000-an, yang lainnya masih banyak lagi," jelasnya. (rianto nurdiansyah)