Gerindra Berkoalisi dengan PDIP Hadapi Pilkada Kepri

Gerindra Berkoalisi dengan PDIP Hadapi Pilkada Kepri
Ilustrasi (Antara)

INILAH, Tanjungpinang - Partai Gerindra akhirnya memutuskan berkoalisi dengan PDIP dalam menghadapi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau 2020.

Wakil Ketua DPD PDIP Kepri Widiastadi yang dihubungi di Tanjungpinang, Rabu, membenarkan Partai Gerindra secara resmi menyatakan berkoalisi dengan PDIP yang akan mengusung Soerya Respationo sebagai Calon Gubernur Kepri.

"Untuk saat ini, ada dua partai yang sudah menyatakan berkoalisi dengan PDIP, yakni PKB dan Partai Gerindra," kata Widiastadi yang juga Ketua Komisi III DPRD Kepri.

Widiastadi mengemukakan bahwa PDIP membuka diri terhadap partai lainnya yang ingin berkoalisi sepanjang memiliki visi dan misi yang sama. Partai lainnya yang potensial berkoalisi dengan PDIP adalah PKS. "Kemungkinan (PKS) bergabung cukup besar. Komunikasi politik terus dilakukan," ucapnya.

Terkait dengan siapa calon wakil gubernur yang akan diusung mendampingi Soerya Respationo, dia menegaskan bahwa hal itu tergantung pada keputusan DPP PDIP. "Dalam mengambil kebijakan itu, tentu ada pertimbangan logis untuk memenangi pilkada," ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris DPD PDIP Kepri Lis Darmansyah menyatakan partainya sudah mengusulkan empat figur yang akan mendampingi Soerya Respationo sebagai bakal calon wakil gubernur. Empat figur itu terdiri atas dua politikus dan dua lainnya berprofesi sebagai pengusaha.

Namun, Lis enggan membeberkan identitas dari empat figur yang diusulkan ke DPP PDIP tersebut. Alasannya, dia tidak mau mendahului DPP PDIP. "Yang pasti keempat figur itu dikenal masyarakat. Nanti pada saat yang tepat, kami akan mengumumkan siapa pasangan Pak Soerya pada Pilkada Kepri 2020," ujarnya. (antara)