Kajari Ajak Media Ikut Berantas Narkoba melalui Pemberitaan

Kajari Ajak Media Ikut Berantas Narkoba melalui Pemberitaan
Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pamekasan Teuku Rahmatsyah. (antara)

INILAH, Pamekasan - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pamekasan Teuku Rahmatsyah mengajak kalangan media massa ikut peduli dan proaktif memberantas peredaran narkoba melalui pemberitaan akan pentingnya menjauhi narkoba dan dampak negatifnya terhadap generasi muda bangsa.

"Peran media sangat penting untuk menyampaikan sosialisasi kepada publik melalui pemberitaan yang edukatif tentang bahaya narkoba," katanya seusai acara pemusnahan barang bukti hasil sitaan institusi itu di Kantor Kejari Pamekasan, Rabu.

Kabupaten Pamekasan ini, kata dia, termasuk kabupaten yang rawan dalam hal peredaran narkoba sehingga upaya sistemik untuk mengampanyekan bebas narkoba perlu terus dilakukan.

Selain dengan cara menyampaikan sosialisasi secara langsung kepada masyarakat, sosialisasi akan bahaya narkoba juga bisa dilakukan melalui media massa sehingga sebaran informasinya bisa lebih luas.

"Maka dari itu, kami mengharapkan media ikut proaktif membantu menyampaikan sosialisasi sehingga kampanye bebas narkoba bisa lebih masif tersampaikan kepada klayak," kata jaksa asal Aceh, ini.

Kajari menuturkan bahwa warga Pamekasan yang terjerat kasus narkoba umumnya masih berada dalam usia produktif, bahkan tidak sedikit di antara mereka yang masih remaja.

"Buktinya dari 74 kasus narkoba yang kami tangani selama ini, dan barang buktinya kami musnahkan tadi, sekitar 60 persen di antara para tersangka itu masih dalam usia produktif," kata Kajari.

Jika warga usia produktif terus menjadi korban narkoba, apalagi yang masih remaja, generasi muda bangsa pada masa-masa yang akan datang akan rusak.

Oleh karena itu, dia memandang perlu ada gerakan terpadu dari berbagai elemen di Pamekasan ini untuk mencegah maraknya peredaran narkoba. Hal ini tentunya sesuai dengan kapasitas dan fungsinya masing-masing.

Aparat penegak hukum harus bergerak sesuai dengan kapasitas dan fungsinya, dalam menegakkan hukum bagi yang melanggar hukum. Demikian pula, kata dia, dengan insan pers.

"Jika kerja sama sistemik ini terjalin dengan baik, saya yakin peredaran narkoba bisa ditekan, bahkan bisa diberantas dari bumi Gerbang Salam ini," katanya menegaskan. (antara)