DPRD Jabar Dorong Pemprov Tambah Anggaran Berantas Corona

DPRD Jabar Dorong Pemprov Tambah Anggaran Berantas Corona

INILAH,  Bandung – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat mendukung penuh pemerintah provinsi untuk melakukan penambahan anggaran, dalam upaya penanganan Corona Virus Disease 19 (Covid-19). 

Hal itu terungkap saat rapat antara Komisi V DPRD Jabar dan Pemprov Jabar di Ruang Papandayan, Gedung Sate, Jumat (13/3/2020).

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Achmad Ru’yat mengatakan, pandemi corona memang harus diwaspadai persebarannya. Pihaknya pun mendukung, jika pemerintah ingin menggodok ulang terkait anggaran, untuk menghadapi virus asal Wuhan, China tersebut. Hanya saja Achmad berharap, dalam prosesnya pemerintah dapat mengikuti aturan yang berlaku.

“Pada prinsipnya kami mendukung sepenuhnya penganggaran dalam penanggulangan Covid 19 ini,” ujar Achmad usai rapat.

Sementara mengenai nilai anggaran yang bakal dikucurkan, Achmad menyebut pihaknya masih menunggu kajian dari tim anggaran sesuai kebutuhan yang diperlukan. Sebab, penganggaran dialokasikan dari penyertaan modal Bank bjb, berikut dengan konsekuensi adanya pergeseran struktur anggaran.

“Untuk nominalnya belum kita ketahui, soalnya menunggu dari tim penganggarannya,” sambung Achmad. 

Selain itu, Achmad juga berharap agar masyarakat khususnya di Jawa Barat, dapat menjaga kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat. Serta membatasi interaksi sosial, untuk sementara waktu. Sebab menurutnya hal tersebut dapat memutus mata rantai potensi persebaran virus corona.

“Virus tidak akan menyebar jika kekebalan tubuh kita prima,” imbuhnya.

Hal senada diungkapkan Ketua Komisi V DPRD Jabar Dadang Kurniawan, usai rapat. Dia mengatakan, untuk menanggulangi pandemi corona memang dibutuhkan biaya yang memadai. Pihaknya pun siap mengupayakan perubahan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), demi memberantas corona.

“Pada intinya tidak ada masalah. Tinggal nanti kita usulkan di perubahan APBD,” tutupnya. (Yuliantono)