Menkeu Siapkan Rp1 Triliun untuk Kemenkes Tangani Virus Corona

Menkeu Siapkan Rp1 Triliun untuk Kemenkes Tangani Virus Corona
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Antara Foto)

INILAH, Jakarta- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyiapkan anggaran senilai Rp1 triliun untuk Kementerian Kesehatan dalam upaya penanganan penyebaran virus corona jenis baru COVID-19.

"Dana ini kami ingin memberikan keyakinan bahwa langkah-langkah bisa dilakukan tanpa terkendala anggaran," katanya ketika jumpa pers di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat.

Menteri Keuangan merinci anggaran itu dialokasikan untuk logistik alat pelindung diri, tes laboratorium, serta mobilisasi tenaga kesehatan di rumah sakit, bandara, dan pelabuhan.

Selain itu juga untuk penanganan pasien di rumah sakit, penyelidikan epidemiologi dan pengadaan sarana dan prasarana rumah sakit rujukan.

"Kami akan mendukung kebutuhan anggaran mulai dari pengawasan di pelabuhan, perawatan terhadap 34 pasien COVID di rumah sakit," katanya.

Menkeu juga mendukung kebutuhan anggaran untuk pengadaan disinfektan berkoordinasi dengan pemda untuk sarana dan prasarana transportasi publik yang sudah dilakukan salah satunya di kereta.

Selain itu, melakukan disinfektan untuk sarana prasarana ekonomi seperti pasar, mal dan tempat rekreasi dan pembangunan jaringan telekomunikasi untuk mendata WNI yang bepergian ke luar negeri.

Bersama dengan Kementerian Perdagangan dan Bea Cukai, Menkeu menambahkan akan melakukan konsolidasi dalam produksi dan distribusi masker, disinfektan, obat termasuk produksi dalam negeri dan pengadaan bahan baku impor.

Selain itu, distribusi masker dan disinfektan serta obat termasuk kemungkinan pembangunan rumah sakit tambahan untuk perawatan pasien COVID-19.

"Kami juga berharap perusahaan farmasi Indonesia juga bisa ikut terus mencoba produksi vaksin dari COVID-19," katanya.