Tiga Orang Warga Kabupaten Bandung Positif Covid-19

Tiga Orang Warga Kabupaten Bandung Positif Covid-19
Foto: Dani R Nugraha

INILAH, Bandung - Bupati Bandung Dadang M Naser mengumumkan warga Kabupaten Bandung yang positif terkena corona virus disease 2019 (covid-19) berjumlah tiga orang. 

Namum, Dadang tak menjelaskan secara rinci mengenai keberadaan dan bagaimana ketiga warga Kabupaten Bandung tersebut terinfeksi Covid-19. 

"Kondisi terkini orang dalam pengawasan (ODP) ada 26 orang, yang dinyatakan pasien dalam pengawasan (PDP) 4 orang. Sementara, yang dinyatakan negatif dan sudah sembuh ada 13 orang," kata Dadang di Soreang, Kamis (19/3/2020).

Menurut Dadang, Pemkab Bandung telah menginstruksikan seluruh Puskesmas bersiaga 24 jam berikut tenaga medisnya. Jumlah total Puskesmas yang di stanbykan mencapai 62 unit yang tersebar di 31 kecamatan. 

"Sebanyak 62 Puskesmas kami stanby-kan. Mobil ambulans untuk penjemputan di seluruh Puskesmas juga kami standby-kan," ujarnya.

Selain itu, kata Dadang, seluruh rumah sakit di Kabupaten Bandung juga akan difokuskan untuk menangani kasus Covid-19. Kecuali RSU Soreang. Sebab, RSU Soreang dalam proses perpindahan ke lokasi yang baru. 

"Ada RS Ebah Majalaya, RS Cicalengka, RS Al Ihsan, dan RS AMC. Lalu akan dibantu juga RS Praktik Dokter Unpad di depan RSHS. Disana siap untuk 60 bed. Jadi jika ada warga yang terindikasi terinfeksi Covid-19, maka akan dilarikan ke rumah sakit itu untuk observasi dan diisolasi untuk penanganan medis selanjutnya," katanya. (Dani R Nugraha)