Perangi Virus Corona, Aa Gym: Ayo Kita Berjihad

Perangi Virus Corona, Aa Gym: Ayo Kita Berjihad
KH Abdullah Gymnastiar

INILAH, Bandung-Tokoh agama Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) mengajak seluruh pihak berjihad untuk memotong peluang tersebarnya virus Corona atau Covid-19.

Menurutnya, keyakinan terhadap tuhan harus disertai dengan ikhtiar meminimalisir penyebaran virus serta mengikuti arahan pemerintah.

Aa Gym menilai wabah virus corona bukan ujian yang sederhana, karena sejumlah negara sudah merasakan dampaknya.

“Kata kuncinya sederhana, ayo kita berjihad dengan cara memotong sekecil apapun peluang terjadinya penularan maka banyaklah di rumah kecuali darurat keluar hindari kerumunan-kerumunan dan selalu jaga jarak serta jaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan tidak menyentuh wajah,” ujar Aa Gym di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (19/3/2020).

Aa Gym berharap tidak ada yang memiliki sikap meremehkan dan berujung bertindak ceroboh dalam menyikapi Corona. Bila seperti itu, maka wabah ini akan menjadi berat bagi semua pihak.

“Sehingga kita harus paham sekali masalahnya dan kita harus sungguh-sungguh, disiplin, dan kompak baik pemerintah ulama dan masyarakat untuk bisa menghadapi badai ini sehingga tidak sampai badai ini menjadi kerusakan yang besar,” kata dia

Disinggung fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19, yang di dalamnya mengatur ibadah shalat Jumat diganti dengan shalat dzuhur. Menurut dia, semua pihak harus meminta informasi dari yang paling paham mengenai keadaan.

Artinya, Aa Gym menyarankan untuk mematuhi fatwa MUI tersebut. karena, semuanya bertujuan untuk kebaikan.

“Saran Aa patuhi saja fatwa ulama yang sangat mengerti bagaimana aturan agama dan sangat bertanggung jawab untuk kemaslahatan umat. Aa sendiri karena di Jakarta sudah zona merah, sekitar Jakarta, maka tidak ragu untuk salat di rumah tidak berjamaah. Bukan karena tidak ingin tapi karena situasi menghilangkan peluang kemudaratan,” paparnya. 

Jikapun ada yang menyelenggarakan Sholat Jumay di wilayah zona hijau covid-19, Aa Gym meminta agar tetap menjaga kewaspadaan.

"Karena tiap masjid berbeda-beda ada yang masjid kompleks yang sudah homogen dan ada juga yang didatangi dari luar dan ini tentu lebih waspada maka lebih baik,” pungkasnya. (Riantonurdiansyah)