Kota Bandung Siapkan Anggaran Rp 75 Miliar Tangani Covid-19

Kota Bandung Siapkan Anggaran Rp 75 Miliar Tangani Covid-19
istimewa

INILAH, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah memutuskan mengalokasikan dana dengan total Rp 75 miliar untuk memerangi virus corona yang semakin meluas. 

Hal tersebut dikatakan langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna saat ditemui di Balai Kota, Jalan Wastukancana, Kota Bandung pada Jumat (20/3/2020). 

"Totalnya itu Rp 75 miliar, tetapi yang baru cair itu Rp 7 miliar seperti dikatakan pak wali dan bu kadinkes karena memang didahulukan. Itu dari pos bantuan tidak terduga (BTT), dan sisanya melalui pergeseran anggaran," kata Ema. 

Menurut dia, tidak semua dana dialokasikan untuk alat pelindung diri (APD). Total Rp 7 miliar, juga difokuskan penyediaan lainnya seperti sosialisasi, hand sanitizer dan lain-lain.

"Untuk APD itu sekitar Rp 200 juta. Sementara sisanya untuk penyediaan lain seperti sosialisasi, hand sanitizer, edukasi, cairan disinfektan, penyediaan tempat alat cuci tangan di tempat publik dan yang lain-lainnya," ucapnya. 

Pemerintah kota, ditambahkan dia, saat ini tengah menginventarisasi ruang publik untuk penyediaan tempat cuci tangan di tempat-tempat umum. Masyarakat Kota Bandung diminta lebih bersabar. 

"Ini sedang berproses, jadi sabar saja. Nanti ada si 30 titik (tempat cuci tangan), minimal di satu kecamatan itu harus ada. Nah ini yang kita sedang persiapkan terutama di fasilitas publik, tempat cuci tangan ini dan penyemprotan disinfektan," ujar dia. (yogo triastopo)