Polisi Siap Bubarkan Keramaian dalam Situasi Tanggap Darurat Corona

Polisi Siap Bubarkan Keramaian dalam Situasi Tanggap Darurat Corona
Kabidhumas Polda Jawa Barat Kombes Pol Saptono Erlangga, (ridwan abdul malik)

INILAH, Bandung - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat siap melakukan pembubaran keramaian di wilayah hukumnya. Hal ini dilakukan, dalam rangka menekan angka penularan virus corona atau Covid-19.

Kabidhumas Polda Jawa Barat Kombes Pol Saptono Erlangga mengatakan, pihaknya akan melakukan patroli rutin untuk melakukan pembubaran. Selain melakukan pembubaran, Polisi juga nantinya akan memberikan sosialisi dan edukasi terkait virus corona.

"Kita melakukan patroli di tempat keramaian, tempat perbelanjaan, dan juga tempat masyarakat berkumpul. Kita memberikan pemahaman supaya masyarakat membubarkan diri untuk sementara waktu di saat tanggap darurat ini," ucap Erlangga saat ditemui di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Senin (23/3/2020).

Pembubaran itu, dilakukan seiring adanya Operasi Aman Nusa II 2020 terkait adanya wabah corona. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan dapat mematuhi aturan yang telah dikeluarkan pemerintah untuk tetap berada di rumah masing-masing.

"Persuasifnya ya kita berikan imbauan kepada masyarakat, untuk mematuhi pembatasan interaksi," ujar Erlangga.

Saat disinggung izin keramaian, Erlangga menegaskan, pihak kepolisian untuk sementara tidak akan mengeluarkan izin keramaian, hingga waktu tanggap darurat virus corona berakhir. "Perizinan keramaian juga kita tunda, yang akan ada kegiatan massa. Termasuk di tempat hiburan, kita batasi," pungkasnya. (ridwan abdul malik)