Olimpiade Resmi Ditunda, Begini Respons Kemenpora

Olimpiade Resmi Ditunda, Begini Respons Kemenpora
Ilustrasi/ANTARA FOTO

INILAH, Jakarta - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Indonesia mendukung keputusan Komite Olimpiade Internasional (IOC) menunda gelaran Olimpiade 2020 di Tokyo.

Olimpiade resmi ditunda hingga tahun 2021 karena pademi virus corona. Keputusan itu diambil setelah pertemuan antara presiden IOC, Thomas Bach, dengan perdana menteri Jepang, Abe Shinzo.

Kemenporan menghormati sepenuhnya keputusan tersebut, dan mengakpresiasi langkah yang diambil oleh IOC bersama perdana menteri Jepang.

"Kemenpora juga mengapresiasi sikap kenegarawanan Pimpinan IOC dan Pemerintah Jepang yang lebih mengutamakan keselamatan seluruh atlet dan semua pihak yang akan terlibat dalam Olimpiade, sehingga event Olimpiade diusahakan dapat terlaksana paling lambat musim panas tahun depan," bunyi pernyataan Kemenpora dalam rilis yang diterima INILAHCOM.

Selain itu, Kemenpora juga mendukung kesepakatan penggabungan Olimpiade dengan Paralimpik di tahun depan, sehingga akan bernama Olympic and Paralympic Games Tokyo2020.

Kemenpora pun meminta NOC Indonesia, NPC Indonesia dan seluruh Pimpinan Cabor serta para atlet meminta untuk memaklumi keputusan penundaan tersebut.

Sebaba penundaan ini tidak hanya berdampak pada Indonesia, tetapi juga seluruh negara di dunia, dan apalagi kerepotannya Pemerintah Jepang.

Oleh karena itu, Kemenpora berharap para atlet yang sudah dan belum lolos pra olimpiade dan pra paralimpik untuk tetap semangat dalam berlatih, namun tetap memperhatikan situasi dan kondisi. (Inilahcom)