Warga Cimahi Tuntut Pemerintah Beri Fasilitas Pencegahan Covid-19

Warga Cimahi Tuntut Pemerintah Beri Fasilitas Pencegahan Covid-19
Foto : Warga RT.05/08 Kelurahan Utama secara swadaya cegah Covid-19 dengan membersihkan lingkungan sekitar

INILAH, Cimahi- Merebaknya wabah virus corona (Covid-19) di dunia mengundang sejumlah ke khawatiran dan kepanikan di masyarakat.

Berbagai upaya dilakukan pemerintah baik pusat maupun daerah untuk mencegah Covid-19 menjangkit lebih luas.

Tak terkecuali upaya yang dilakukan warga RT08/05 Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan yang secara swadaya membersihkan lingkungannya terutama di tempat ibadah.

Ketua RT05/8 Hendra Kushendarsah mengaku, sejauh ini tidak ada fasilitas yang diberikan dari kelurahan untuk RW.

"Kami sangat memerlukan sekali untuk melindungi masyarakat dilingkungan kami," ujarnya usai melaksanakan kerja bakti bersama warga, Rabu (25/3/2020).

Dikatakan Hendra, adapun imbauan yang disampaikan pemerintah desa, semua warga sudah mengetahui dan paham terkait imbauan tersebut. Ia melanjutkan,
harusnya dari pihak kelurahan harus selalu update dari pusat tentang bagaimana langkah preventif guna menyelamatkan masyarakat.

"Intinya kami memerlukan logistik, yang memang memerlukan jumlah yang tidak sedikit," tegasnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Seksi Pemerintahan dan Trantib Kelurahan Utama, Sofwan Kurniawan mengungkapkan, pihaknya telah melakukan upaya untuk menekan penyebaran Covid-19 di wilayah Kelurahan Utama.

"Kami telah bersinergi dengan polsek dan koramil dalam hal sosialisasi pencegahan Covid-19," ungkapnya.

Terkait dana kelurahan, kata Sofwan, pihaknya harus mengajukan terlebih dahulu, karena dari kelurahan tidak memiliki wewenang untuk melakukan perubahan.

"Kami harus mengajukan dulu, nanti para lurah berkoordinasi dengan seluruh camat untuk kemudian diajukan ke pusat," katanya.

Sofwan menambahkan, meski kami sempat mengadakan rapat beberapa waktu lalu, pihaknya baru membahas langkah preventif serta imbauan bagi warga.

"Kami baru membahas terkait imbauan bagi warga yang akhirnya kami melakukan penyemprotan disinfektan kemarin. Sementara kami masih menunggu intruksi dari pusat untuk memaksimalkan upaya pencegahan Covid-19," ujarnya. (agus sn).