Seperti Ini Program Ambu Anne di Sektor Kesehatan

Seperti Ini Program Ambu Anne di Sektor Kesehatan
dok/inilahkoran

INILAH, Purwakarta – Pemkab Purwakarta telah menyusun rencana pembangunan wilayah ini hingga 2021 mendatang. Dalam Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) kemarin, ada beberapa program prioritas yang digulirkan. Terutama, yang menyangkut sektor pendidikan, kesehatan dan infrastruktur layak bagi masyarakat.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengaku, pihaknya punya komitmen besar untuk menyelesaikan persoalan-persoalan di masyarakat. Salah satunya yang menyangkut dengan kesehatan. Sebab, sudah menjadi kewajiban negara untuk hadir dalam menyelesaikan persoalan tersebut.

“Ikhtiar kami di sektor kesehatan, yakni mulai dari memberikan program jaminan kesehatan gratis bagi masyarakat. Hingga, membangun dan membenahi fasilitas kesehatan yang ada di wilayah kami,” ujar Anne kepada INILAH, Rabu (25/3/2020).

Dalam hal penataan fasilitas kesehatan, sambung Anne, pihaknya menggulirkan program ‘Saung Ambu’ guna memudahkan pelayanan kesehatan bagi masyarakatnya. Terutama, bagi mereka yang ada di wilayah-wilayah terpencil.

Saung Ambu, merupakan fasilitas kesehatan yang dibangun di wilayah terpencil. Di Saung Ambu ini, telah disiagakan dokter jaga, perawat dan bidan yang siap melayani masyarakat selama 24 jam. Di tahun kemarin, pemkab telah membangun dua unit Saung Ambu. Salah satunya, di wilayah Ciririp, Kecamatan Sukasari.

“Tahun ini, kami juga sudah menyiapkan untuk membangun dua unit lagi Saung Ambu. Untuk lokasinya, rencananya di Desa Cirama, Kecamatan Maniis, serta Desa Wanawali Kecamatan Cibatu. Di 2021 juga, program ini sudah terencana, kita akan bangun kembali di desa-desa yang jangkauan ke puskesmasnya cukup jauh,” jelasnya.

Ambu Anne menjelaskan, tujuan dari pembangunan Saung Ambu, tak lain bagian dari upayanya untuk memudahkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat di wilayah yang jauh dari pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas).

“Kami akan bangun secara bertahap. Sesuai kemapuan anggarannya,” tambahnya.

Anne menambahkan, sebenarnya tujuan lain Saung Ambu ini dibangun, yakni sebagai sarana edukasi soal kesehatan kepada masyarakat. Artinya, lokasi ini bukan hanya sebagai layanan pengobatan gratis, lebih dari itu sebagai upaya mengedukasi warga mengenai pola hidup bersih dan sehat.

“Prestasinya, bukan dari seberapa banyaknya yang berobat. Tapi, bagaimana caranya supaya masyarakat sehat,” kata Anne.

Anne kembali menambahkan, selain dua program tersebut, di sektor kesehatan ini pihaknya juga mendorong supaya Rumah Sakit Bayu Asih untuk meningkatkan jumlah ruang rawat inap kelas tiganya. Karena, menurutnya, ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang dijaminkan melalui BPJS.

“Intinya, sektor kesehatan juga jadi prioritas kami selama ini,” pungkasnya. (Asep Mulyana)