Cegah Penyebaran Covid-19, Relawan DCCP Semprotkan Disinsfektan di Pemukiman dan Rumah Ibadah

Cegah Penyebaran Covid-19, Relawan DCCP Semprotkan Disinsfektan di Pemukiman dan Rumah Ibadah
istimewa

INILAH, Bandung - Sejumlah relawan di Kabupaten Bandung turun tangan dan proaktif membantu pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19). Para relawan ini melakukan penyemprotan cairan disinfektan sekaligus memberi pemahaman kepada masyarakat tentang cara memutus mata rantai virus yang dianggap mematikan dan belum ada penawarnya itu.

Penyemprotan tersebut dilakukan Dezan's Community Care to People (DCCP), salah satu komunitas relawan yang tergerak dalam misi kemanusiaan. Misi penyemprotan disinfektan tersebut mulai dilakukan di Kampung Sinom, Desa Mandala Mekar, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. 

"Kami tergerak untuk memutus mata rantai Covid-19. Jangan sampai warga Kabupaten Bandung banyak yang jadi korban," kata Koordinator DCCP Asep Suandana, Rabu (25/3/2020).

Asep mengatakan, penyemprotan cairan disinfektan tak hanya dilakukan di pemukiman warga saja. Namun juga di tempat ibadah dan fasilitas umum dan fasilitas sosial lainnya. Kata dia,  gerakan menyemprot cairan disinfektan ini akan terus dilakukan ke sejumlah wilayah di Kabupaten Bandung. Artinya, selama wabah Covid-19 belum berakhir, gerakan penyemprotan cairan disinfektan akan terus dilakukan. 

"Kami juga turut mengedukasi masyarakat bagaimana cara membuat cairan disinfektan, menerapkan PHBS (pola hidup bersih dan sehat) dan phisycal distancing," ujarnya.

Dikatakan Asep, beberapa langkah program pemerintah memang masih banyak belum dipahami masyarakat. Jika dilihat di lapangan secara langsung, kata dia, masih banyak masyarakat yang berkumpul dan berkerumun melakukan aktivitas. 

"Seperti masih nongkrong di warung tanpa melengkapi alat pelindung diri itu masih banyak kami temukan. Makanya kami sekalian sosialisasikan ini," katanya. (Dani R Nugraha)