Cegah Covid-19, Warga Perum Alam Sanggar Indah KBB Semprotkan Disinfektan

Cegah Covid-19, Warga Perum Alam Sanggar Indah KBB Semprotkan Disinfektan
Foto: Ahmad Sayuti

INILAH, Bandung - Sebagai antisipasi penyebaran corona virus disease (Covid-19), warga RT 03/13 Cluster Asir-Adenium, Perum Alam Sanggar Indah, Kabupaten Bandung Barat (KBB) melakukan penyemprotan disinfektan secara swadaya, Rabu (25/3/2020).

Penyemprotan dilakukan pengurus RT 03 yang dibantu beberapa warga. Penyemprotan dilakukan dengan menggunakan alat pembasmi hama manual yang sudah diisi cairan disinfektan. 

(foto: istimewa)

Ketua RT 03 Mardi mengatakan, penyemprotan ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran corona. Meskipun di wilayahnya hingga kini belum ada yang terkena virus yang berasal dari Wuhan, Cina tersebut. 

"Ini ikhtiar kita, walaupun belum ada dan mudah-mudahan tidak ada. Jangan sampai sudah ada baru kita bergerak. Istilahnya kan lebih baik mencegah daripada mengobati," katanya di sela-sela kegiatan. 

Menurutnya, karena ini sifatnya swadaya maka tidak ada bantuan dari pemerintah. Cairan yang digunakan pun berasal dari bahan-bahan yang mudah ditemukan seperti byclin, wipol, dan pembersih lantai. Bahkan sebelum melakukan penyemprotan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan tenaga medis yang ada di sini. 

"Instruksi dari pemerintah belum ada (penyemprotan disinfektan). Ini inisiatif kita di sini, kan mulai dari lingkungan sendiri," ujarnya.

Mardi pun mengimbau kepada warganya agar selalu menjaga kebersihan rumah dan lingkungannya, terlebih di tengah wabah virus corona. Namun, diharapkan hidup dengan budaya bersih dan sehat tak hanya saat ada wabah ini saja bisa dilaksanakan seterusnya jadi gaya hidup.

(foto: istimewa)

Sementara itu, salah seorang warga Arif mengaku mengapresiasi dengan adanya penyemprotan disinfektan tersebut. Ini merupakan hal yang bagus untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus yang mematikan ini. 

"Ini langkah yang bagus, dan perlu diapresiasi serta dukungan semua warga. Ini ikhtiar kita, selebihnya kita berdoa kepada Allah agar dijauhkan dari virus ini," ujarnya. 

Saat penyemprotan dilakukan juga dihadiri anggota Babinsa dan Binmas yang bertugas di wilayah Desa Citapen, Kecamatan Cihampelas KBB. Penyemprotan juga dilakukan di beberapa cluster lainnya seperti Pinus dan Cemara hingga masjid di lingkungan Perum Alam Sanggar Indah.

Ketua RW 13, Adi Hardianto memberikan apresiasi kepada para warganya yang sengaja gotong royong menangkal penyebaran virus corona. "Saya apresiasi, ini penuh keinginan dari warga. Kalau kegiatan warga yang positif, saya selalu mendukung," jelasnya. (Ahmad Sayuti)