Cara Lurah-lurah di Bogor Melawan Corona, Senjatanya Disinfektan hingga Kelapa...

Cara Lurah-lurah di Bogor Melawan Corona, Senjatanya Disinfektan hingga Kelapa...
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor- Lurah-lurah di Kota Bogor melakukan penyemprotan disinfektan di wilayahnya. Ada pula yang membagi buah kelapa untuk warga.

Abdul Manan Tampubolon menerabas ruang dan waktu. Tak peduli hari libur, dia tetap turun ke hadapan warganya. Dia datangi sudut-sudut Kelurahan Panaragan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Bersama petugas, dia semprotkan disinfektan.

Manan adalah Lurah Panaragan. Dia menyebutkan penyemprotan disinfektan di sebagian wilayah Kelurahan Panaragan merupakan salah satu ikhtiar untuk mencegah penyebaran Covid-19. Kondisi Kota Bogor yang telah ditetapkan sebagai zona merah penyebaran virus ini perlu disikapi bersama. 

“Selain selalu mengingatkan warga untuk tetap di rumah saja, kami juga berupaya ada tindakan nyata untuk mencegah penyebaran virus ini. Wilayah RW 01 sampai RW07 dilakukan penyemprotan. Kami juga membagikan sebagian hand sanitizer untuk rekan-rekan LPM, BKM dan F-PRB Panaragan sebagai garda terdepan pencegahan Covid-19. Total 2.500 mililiter hand sanitizer yang kami bagikan,” tutur Manan.

Tak hanya Manan, hal serupa juga dilakukan Arif Hidayat. Dia adalah juga Lurah Pakuan di Kecamatan Bogor Selatan. Tak sendirian, Arif bersama Babinsa dan Babinkamtibmas melakukan sosialisasi dan penyemprotan disinfektan di wilayah Pakuan. Imbauan yang diberikan adalah agar masyarakat Pakuan tetap tinggal di rumah, tidak mengunjungi tempat-tempat keramaian seperti mall dengan tempat yang berkumpul massa dalam jumlah banyak. Selain itu warga juga diwajibkan menggunakan masker dan sering cuci tangan, jaga jarak sesama dan kontak langsung.

“Berprilaku hidup bersih dan sehat, tidak panik, namun tingkatkan kewaspadaan di wilayah dengan tetap mengikuti imbauan pemerintah. Jangan membeli sembako secara berlebihan karena bisa menaikan harga. Beli secukupnya. Apabila merasa sakit dengan gejala demam tinggi, batuk, flu dan sesak nafas segera periksa ke puskesmas terdekat,” tegasnya.

Berbagai unsur masyarakat, aparatur wilayah, hingga anggota DPRD Kota Bogor memang bahu-membahu melakukan sosialisasi, penyemprotan disinfektan dan bagi-bagi buah untuk mencegah Covid-19. 

Anggota DPRD Kota Bogor dari Fraksi Gerindra, Zenal Abidin mengatakan, dirinya bersama masyarakat Tanah Sareal, khususnya Kedung Badak, melakukan penyemprotan mandiri dengan menggunakan dua alat penyemprot.

“Penyemprotan di Kedung Badak dilakukan bersama warga. Saya mempunyai dua mesin penyemprot, dari mulai rumah warga, masjid hingga sekolah dilakukan penyemprotan. Saya juga menggulirkan imbauan agar tetap dirumah dan menerapkan pola hidup sehat dan bersih,” ungkap Zenal, Rabu (25/3).

Di lain tempat, Ketua Karang Taruna Sukadamai, Kecamatan Tanah Sareal, Jamal mengatakan, pihaknya membagikan ribuan kelapa kepada masyarakat. Hal ini dimaksudkan untuk membantu masyarakat meningkatkan daya tahan tubuh menghadapi penyebaran Covid-19.

“Kita tahu kelapa itu kaya akan vitamin dan untuk memenuhi kebutuhan mineral manusia. Jadi kami bagikan secara gratis kepada masyarakat. Kita tahu vitamin cukup langka, karena itu kita langsung bagikan buah yang kaya vitamin. Semoga masyarakat terbantu dengan langkah kami,” paparnya. (Rizki Mauludi)