Kasus PDP Covid-19 Garut Melonjak 

Kasus PDP Covid-19 Garut Melonjak 
istimewa

 

INILAH, Garut-Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) maupun orang dalam pemantauan (ODP) Covid-19 di Kabupaten Garut terus melonjak.

Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Garut mencatat kasus PDP di Kabupaten Garut hingga Rabu (25/3/2020) pukul 18.00 WIB tercatat menjadi sebanyak 11 PDP, dan ODP melonjak menjadi sebanyak 238 ODP dibandingkan sehari sebelumnya.

Dari sebanyak 11 PDP itu, terdapat dua kasus baru. Salah satunya karena perubahan status semula ODP menjadi PDP sesuai hasil pemeriksaan lanjutan terhadap yang bersangkutan.

Dari sebanyak 11 PDP itu sendiri, sebanyak lima PDP di antaranya dipastikan negatif, dan sudah dipulangkan dari rumah sakit. Sedangkan enam PDP lainnya mash dirawat. Keenam PDP tersebut terdiri empat PDP laki-laki dan dua PDP perempuan. Lima di antara keenam PDP merupakan kelompok umur balita.

Sedangkan peningkatan jumlah OPD baru mencapai sebanyak 62 OPD dari total OPD sebanyak 238 OPD itu. Dari jumlah tersebut, sebanyak enam OPD dinyatakan selesai pemantauannya, 39 ODP masih dalam perawatan di rumah sakit dan puskesmas, serta 193 OPD lainnya dalam pemantauan Dinas Kesehatan dan puskesmas.

"Kami berharap masyarakat bersikap bijak, pintar memilah dan jangan terlalu percaya atas berbagai informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan sumbernya untuk tidak menimbulkan kebingungan bahkan kepanikan," ingat Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Garut Ricky R Darajat.

Dia pun kembali mengingatkan masyarakat mesti benar-benar mematuhi imbauan Pemerintah agar menjaga jarak kontak sosial (social distancing) sebagai salah satu upaya mencegah penularan Covid-19.

Pasalnya, penyebab utama kemunculan PDP dan ODP di Kabupaten Garut itu berawal dari riwayat perjalanan disusul terpapar karena berinteraksi dalam kerumunan orang banyak.(zainulmukhtar)