Masuk Zona Merah Covid-19, Cirebon Belum Terapkan Lockdown

Masuk Zona Merah Covid-19, Cirebon Belum Terapkan Lockdown

INILAH, Cirebon - Meski ditetapkan sebagai  zona merah penyebaran wabah virus corona, namun hingga saat ini Kabupaten Cirebon belum juga menerapkan lockdown. Padahal, Kabupaten Cirebon termasuk rawan diserang wabah corona, karena wilayahnya yang cukup strategis. Alhasil, setiap harinya Orang Dalam Pemantauan (ODP) wabah virus corona setiap harinya terus bertambah.

"Kami belum menerapkan lockdown. Kita masih koordinasi dan menunggu perintah pemerintah pusat. Kalaupun lockdown, saya fikir mudarotnya terlalu banyak," kata Bupati Cirebon, Imron, kepada wartawan di Gor Watubelah, Kamis (26/3/2020)

Imron meminta, supaya masyarakat di Kabupaten Cirebon mematuhi anjuran pemerintah dengan cara bekerja dan beribadah dirumah. Khusus untuk libur anak anak sekolah, ada penambahan waktu, yaitu sampai tanggal 12 April bulan depan. Hal ini untuk meminimalisir sebaran virus covid-19 di Kabupaten Cirebon.

"Kita harus hati hati menjaga keluarga dari penyebaran wabah virus corona. Kalau bisa, kerja dan beribadah dirumah saja, karena penyebaran virus ini sangat cepat," ungkap Imron.

Sementara itu, Kadinkes Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni menjelaskan, setiap harinya memang ada penambahan Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Namun,.untuk mengantisipasi persoalan tersebut, pihaknya menyiapkan Spot Center Watubelah, sebagai penanganan isolasi bagi PDP. Saat ini, sudah disediakan 20 kamar tidur dengan fasilitas yang cukup mendukung.

"Kalau ada orang yang baru datang dari luar daerah, datang kesini dan kita test. Ruang isolasi juga sudah kami siapkan. Ini untuk antisipasi barangkali nanti ada penambahan PDP. Tapi mudah mudahan sarana yang sudah kami siapkan ini, sama sekali tidak terpakai dan jangan sampai pasien yang masuk," jelas Enny.

Enny menambahkan, pihaknya terus melakukan upaya pencegahan menularnya wabah virus corona. Selama tiga hari ini, terus diakan penyemprotan disinfektan dengan skala besar, diwilayah Pemkab Cirebon dan tempat tempat strategis dan tempat pelayanan umum. (maman suharman)