Masa WFH Diperpanjang, Ini Pesan Ambu Anne bagi Seluruh Pegawai

Masa WFH Diperpanjang, Ini Pesan Ambu Anne bagi Seluruh Pegawai
istimewa

INILAH, Purwakarta – Pasca merebaknya wabah virus corona, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, langsung membuat beberapa intruksi melalui surat edaran yang harus dijalankan oleh seluruh lapisan masyarakat tak terkecuali pegawai pemerintahan.

Hal tersebut dilakukannya, demi meningkatkan kewaspadan terkait penyebaran wabah Covid-19 tersebut. Untuk jajaran pemerintahan misalnya, pihaknya meminta seluruh kepala OPD, kecamatan, kelurahan/desa hingga sekolah untuk melaksanakan penyemprotan disinfektan di lingkungan kerja masing-masing.

Selain edaran soal pelaksanaan Disinfektan, pihaknya juga telah menyosialisasikan edaran mengenai jam kerja pegawai pemerintahan. Edaran ini, merujuk pada surat dari KemenPAN-RB, mengenai ASN untuk bekerja di rumah. Belum lama ini, edaran baru pun kembali diterbitkan. Tapi masih terkait kebijakan bekerja di rumah untuk para pegawai selama tanggap corona.

“Kami sudah menyebar surat edaran tersebut ke seluruh perangkat kerja pemerintahan,” ujar Anne kepada INILAH, Kamis (26/3/2020).

Dalam surat edaran nomor 440/577/BKPSDM itu, terang Anne, poin yang harus dilaksanakan oleh seluruh perangkat kerja pemerintahan. Di antaranya, mengintruksikan seluruh kepala perangkat daerah untuk membuat penjadwalan pegawainya selama masa tanggap corona. Mengingat, masa kebijakan mengenai tugas di rumah (work from home) di perpanjang hingga 11 April mendatang.

“Meski para ASN ini bisa bekerja di rumah selama tanggap corona, bukan berarti semua pegawai bisa melakukannya. Artinya, tetap harus ada yang siaga di kantor masing-masing. Teknisna, bisa dengan mengatur jadwal piket. Soal itu, nanti kebijakannya ada di masing-masing pimpinan OPD mereka,” jelas dia.

Selain soal masa WFH yang diperpanjang, dalam edaran tersebut juga mengintruksikan supaya masing-masing pelaksana tugas daerah untuk menyiapkan alat penunjang komunikasi jarak jauh untuk kordinasi dalam pelaksanaan tugas. Yakni, dengan menyediakan alat audio visual untuk video conference.

Selanjutnya, dalam edaran tersebut juga mengatur soal penerapan Sosial Distancing di masing-masing kantor. Caranya, dengan mengatur jarak meja antar pegawai supaya tidak terlalu berdekatan. Tak hanya itu, setiap pagi para pegawai pun diminta untuk melakukan olahraga ringan di bawah sinar matahari langsung sebelum beraktifitas.

“Jangan lupa, sebelum beraktivitas kita harus menggelar doa bersama untuk keselamatan bangsa dalam menghadapi wabah corona,” kata Anne menambahkan.

Anne menambahkan, edaran tersebut telah disebar ke seluruh perangkat pemerintahan sejak 24 Maret kemarin. Terhitung hari ini, seluruh kantor/OPD harus menjalankan isi dari edaran tersebut sebagaimana mestinya. (Asep Mulyana)