Dampak Pandemi Covid-19, 22 Ribu Tiket Mudik KA Dibatalkan

Dampak Pandemi Covid-19, 22 Ribu Tiket Mudik KA Dibatalkan
net

INILAH, Bandung - Terhitung sejak Senin (23/3/2020) lalu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 2 Bandung melakukan pengurangan jadwal perjalanan dalam rangka antisipasi penyebaran Covid-19. Terdapat 7 kereta api yang mengalami pembatalan perjalanan dengan jadwal keberangkatan kurun waktu 23-31 Maret 2020, dan 4 kereta api yang relasinya diperpendek menjadi berangkat dan berakhir di Bandung. 

Dengan penyesuaian perjalanan KA tersebut, penumpang masih bisa memanfaatkan perjalanan KA lainnya yang masih tersedia jika memang harus tetap melakukan perjalanan. Namun, jika calon penumpang tidak berkenan dialihkan ke KA lain, maka dapat dilakukan pembatalan tiket dengan bea pengembalian 100% atau full refund.

Manager Humas Daop 2 Bandung Noxy Citrea mengatakan, pembatalan tiket full refund juga berlaku bagi calon penumpang KA yang memiliki jadwal keberangkatan pada masa tanggap darurat Corona yaitu 23 Maret-29 Mei 2020.

Menurutnya, secara total terhitung pada 1-26 Maret 2020 itu sekitar 22.000 tiket untuk keberangkatan hingga 90 hari ke depan dibatalkan. Proses pembatalan itu dilakukan melalui loket stasiun dan jalur online. 

Guna menghindari penumpukan calon penumpang yang ingin melakukan pembatalan di loket stasiun, dia mengimbau pembatalan dapat dilakukan secara online melalui aplikasi KAI Access. 

“Kebijakan pengembalian penuh ini kami terapkan juga untuk mendukung arahan pemerintah kepada masyarakat yang diminta membatasi kegiatan di luar rumah,” kata Noxy, Jumat (27/3/2020).

Dia menegaskan, pemesanan tiket dimana pun calon penumpang tetap bisa melakukan pembatalan di aplikasi KAI Access. Yang penting, nomor identitas yang didaftarkan harus sesuai dengan nomor identitas pemesan tiket.

Bahkan, pembatalan melalui KAI Access juga bisa untuk membatalkan tiket lainnya yang masih memiliki satu kode booking. Noxy mengingatkan, hal yang perlu dipastikan calon penumpang memiliki aplikasi KAI Access dengan versi paling terkini. 

"Jika tidak melakukan pembatalan melalui aplikasi KAI Access, calon penumpang dapat langsung datang ke loket pembatalan yang ada di stasiun. Terdapat lima stasiun di wilayah Daop 2 Bandung yang melayani pembatalan tiket KA Jarak Jauh yakni di Stasiun Bandung, Banjar, Kiaracondong, Purwakarta, dan Tasikmalaya," sebutnya.