Seorang Pemain Persib Terpapar Covid-19, Ini Penjelasan Dokter Rafi Ghani

Seorang Pemain Persib Terpapar Covid-19, Ini Penjelasan Dokter Rafi Ghani
Dokter Persib Bandung Mochamad Rafi Ghani. (istimewa)

INILAH, Bandung - Dokter Persib Bandung Mochamad Rafi Ghani membenarkan seorang pemainnya positif terpapar virus corona (Covid-19).

Kepastian itu diungkapkan Rafi setelah melihat hasil tes PCR yang dilakukan di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Kamis lalu (26/3/2020).

Tes itu diikuti Geoffrey Castillion, Omid Nazari, Fabiano Beltrame, dan Wander Luiz. Selain pemain, Pelatih Robert Rene Alberts dan juga Komisaris Utama PT Persib Bandung Bermartabat Zaenuri Hasyim.

"Jadi kemarin ada beberapa orang yang diperiksa. Dari beberapa pemeriksaan, ditemukan satu orang pemain terkena virus corona," ungkap Rafi saat dihubungi, Jumat (27/3/2020).

Meski demikian, Rafi tak bisa menyebutkan nama pemain yang positif terkena Covid-19. Menurutnya hal itu menjadi rahasia antara dirinya dengan pasiennya. "Saya tidak bisa menyebutkan namanya karena ini (rahasia). Dan memang ada keterbatasan saya untuk menjaga namanya karena ada kerahasiaan pasien dan dokter," tuturnya.

Rafi sebelumnya memang sempat khawatir dengan para pemainnya ini. Sebab selama liburan dua hari yang diberikan, beberapa di antara pemainnya ini memilih meninggalkan Kota Bandung.

"Maka dilakukan lagi pemeriksaan. Selain dalam rangka untuk mendapatkan persyaratan bagi pemain yang ingin pulang ke daerahnya atau negaranya, tapi untuk mengetahui kesehatan pemain itu sendiri. Ternyata, hasil pemeriksaan tanpa gejala apa-apa ditemukan satu pemain hasilnya positif," bebernya.

Rafi pun awalnya tak percaya pemainnya itu terkena paparan covid-19. Sebab pemain itu tak menunjukkan gejala-gejala, baik itu ringan, sedang, atau berat.

"Tapi tetap dia harus melakukan isolasi mandiri. Dia tidak boleh ada kontak dengan siapapun dalam rangka untuk memutus rantai penyebaran. Khawatirnya dengan kondisi yang bagus itu, menularkan kepada seorang yang kondisi badannya tidak bagus," katanya.

Rafi optimistis pemainnya itu bisa mengatasi Covid-19 alias sembuh dan bisa kembali melakukan aktivitas seperti biasanya sebab saat ini para pemainnya dalam keadaan bugar. "Saya yakin ini akan sembuh dengan sendirinya selama beberapa tahapan bisa dilewati dengan baik, tegasnya.

Rafi juga yakin para pemain Persib lainnya tidak terpapar virus corona meski selama ini selalu bersama-sama. Sebab selama ini seluruh pemain, pelatih, dan ofisial menjaga jarak aman.

"Selama ini pemain juga sudah menjaga jarak dan tidak melakukan kontak fisik seperti salaman jaga jarak juga. Buktinya, orang-orang yang dekat dia, negatif. Tapi tetap kita harus berhati-hati karena ini di dalam tim. Tapi saya yakin semuanya sehat. Kita tetap harus melakukan isolasi mandiri. Kita lihat hasilnya 14 hari ke depan," pungkasnya. (muhammad ginanjar)