Kadisdik KBB : Masa Belajar Dirumah Diperpanjang Hingga 11 April 2020

Kadisdik KBB : Masa Belajar Dirumah Diperpanjang Hingga 11 April 2020
Foto : Kepala Dinas Pendidikan KBB, Imam Santoso MR (Istimewa)

INILAH, Ngamprah- Pemerintah Kabupaten Bandung Barat melalui Dinas Pendidikan (Disdik) KBB resmi perpanjang masa belajar dirumah untuk seluruh satuan pendidikan di wilayah KBB.

Hal tersebut dilakukan sesuai surat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 36962/MPK.A/HK/2020, perihal pembelajaran daring dan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan dan penyebaran corona virus desease (Covid-19).

Kepala Dinas Pendidikan KBB, Imam Santoso MR mengungkapkan, langkah yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan surat edaran Bupati Bandung Barat Nomor 490/769-Disdik bahwa proses pembelajaran dirumah akan diperpanjang hingga 11 April 2020.

"Dalam surat edaran tersebut juga dipaparkan berkaitan dengan pembatalan ujian nasional, dan teknis ujian sekolah, PPDB, serta juga implementasi untuk penggunaan dana BOS pada kondisi darurat Covid-19," ungkapnya pada INILAH melalui sambungan telepon, Sabtu (28/3/2020).

Imam mengaku, kendala yang dihadapi para siswa adalah tidak semua siswa memiliki fasilitas hp. Kendati demikian, para siswa masih bisa meminta informasi lewat teman terdekatnya dengan tetap menjaga jarak.

"Para orang tua diharapkan bisa membantu apapun yang dibutuhkan anak-anak nya selama masa pembelajaran dirumah," ujarnya.

Imam mengimbau kepada para guru untuk tidak memberatkan siswa dengan tugas-tugas yang bisa membuat siswa mengalami stres, sehingga siswa malas untuk belajar.

"Untuk para guru, sebisa mungkin memberikan materi yang mengedapankan karakter tanpa menghilangkan aspek kognitif, afektif, psikomotor," imbaunya.

Imam berharap, bagi seluruh siswa untuk bisa bersabar dan bisa melaksanakan pembelajaran sesuai dengan aturan yang diberlakukan pemerintah agar tetap aman dari wabah Covid-19.

"Untuk semua anak-anakku yang melaksanakan pembelajaran dirumah tetap jaga jarak dan tinggal dirumah. Tetap semangat dan giat belajar meski dalam keterbatasan," harapnya. (agus sn).