Relawan Covid-19 Kabupaten Bandung Salurkan 600 Paket Bantuan Mandiri

Relawan Covid-19 Kabupaten Bandung Salurkan 600 Paket Bantuan Mandiri

INILAH, Bandung - Sekelompok relawan di Kabupaten Bandung menggalang donasi untuk disumbangkan pada masyarakat yang terdampak virus corona dan pandemi Covid-19. Sumbangan berupa beras dan mi instan dibagikan pada keluarga yang kepala keluarganya tak bisa keluar mencari nafkah. 

Abah Zaenal, salah seorang relawan mengatakan penggalangan donasi sebenarnya hanya dilakukannya bersama kawan-kawan melalui grup WhatApp saja. Dalam tiga hari, para relawan ini menerima donasi uang kurang lebih Rp16 juta dan 66 karung beras. 

Hasil donasi itu dibuatkan 600 paket bantuan berupa beras dan mi instan yang dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Bantuan sembako diberikan pada keluarga keluarga yang terdampak secara ekonomi akibat adanya wabah virus corona.

"Alhamdulilah kawan-kawan banyak yang peduli. Hasil donasi sudah kami bagikan pada masyarakat di 16 desa di wilayah Bandung Selatan dan di wilayah Kecamatan Rancaekek. Sasaran kami adalah keluarga yang suami atau kepala keluarganya nggak bisa cari nafkah keluar rumah. Ini hanya bantuan kecil yang bisa kami lakukan untuk menolong sesama," kata Abah melalui ponselnya, Minggu (29/3/2020).

Dia menjelaskan, gagasan untuk menggalang bantuan ini muncul dari spontanitas dari ia dan beberapa orang kawan di media sosial Facebook. Karena merasa prihatin dengan kondisi saat ini, dia berujar dalam sebuah postingan yang mengatakan kalau ada orang yang siap menampung donasi untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana wabah virus corona. Dia siap menyumbangkan sisa gaji pensiunnya sebesar Rp500 ribu. Ternyata, respon dari warganet cukup baik dan sama sama menyatakan kesiapannya untuk menyumbang.

"Dari sana kita bikin grup WhatApp, dan penggalangan dana ini kami lakukan hanya sesama kawan saja. Sehingga kami juga enggak buka sekertariat untuk penerimaan sumbangan, kalau mau ikutan silakan saja gabung ke grup WhatApp kami ke nomor +62 813-2008-0616 atas nama Toni. Di WA grup itu kami menghimpun donasi sekaligus diskusi menentukan sasaran penerima dan juga pertanggungjawaban apa yang telah kami lakukan," ujarnya. 

Menurut Abah, anggota grup WA relawan Covid-19 Kabupaten Bandung ini sebenarnya banyak. Namun yang bergerak di lapangan, hanya sebanyak enam orang. Dengan satu mobil operasional dan satu mobil untuk mengangkut logistik. Setelah pembagian tahap pertama, para relawan ini juga berencana untuk kembali menggalang donasi, yang nantinya akan dibagikan kepada para pekerja harian seperti tukang ojek dan lainnya yang terpaksa tetap harus berada dijalanan untuk mencari nafkah.

"Tujuan kami hanya ingin berbuat sesuatu untuk sesama. Karena bencana ini harus dihadapi bersama sama dengan saling tolong menolong. Kami sangat senang jika ada komunitas lain yang melakukan gerakan yang sama. Karena semakin banyak yang peduli akan lebih baik lagi," katanya. (Dani R Nugraha)