Tanam Ganja, Dua Warga Lembang Diringkus

Tanam Ganja, Dua Warga Lembang Diringkus
net

INILAH, Bandung - Kedapatan memanam psikotropika jenis ganja, dua orang warga Lembang A (50) dan J (52) diamankan Sat Res Narkoba Polres Cimahi. Sebanyak 12 pohon ganja pun disita petugas dari rumah pelaku.

Kasat Res Narkoba Polres Cimahi AKP Andri Alam Wijaya menyebutkan, keduanya kedapatan menanam ganja di lahan pribadi milik salah seorang pelaku, yakni di Kampung Cibogo, Desa Cibogo, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB). 

"Betul keduanya sudah diamankan Minggu dini hari tadi, terkait kepemilikan narkotika jenis ganja dalam bentuk pohon yang ditanam di lahan pribadi milik pelaku," katanya, Minggu (29/3/2020).

Penangkapan terhadap kedua pelaku berawal dari diamankannya seseorang yang membeli narkotika jenis ganja, namun dalam kondisi basah. Untuk mengamankan pelaku tersebut, pihak kepolisian melakukan penyelidikan selama dua pekan. 

Biasanya, kata Andri, ganja basah yang diperjualbelikan merupakan hasil dari ladang ganja lokal. Sedangkan ganja kering dipastikan berasal dari luar daerah. Atas dasar itulah pihaknya melakukan pengembangan kemungkinan adanya ladang ganja. 

"Pengungkapan ini berawal dari seseorang yang membeli ganja basah. Saat kami dapat informasi itu, kami lidik selama 2 minggu. Dari pelaku dan barang bukti awal, saat ditelusuri akhirnya mengarah ke dua pelaku ini," katanya. 

Dari lokasi penanaman ganja, pihaknya mengamankan barang bukti berupa 12 batang pohon ganja dengan tinggi rata-rata pohon 150 centimeter hingga 200 centimeter. 

"Pengakuan pelaku ganja ini ditanam dari bulan Desember 2019. Tapi itu keterangan tersangka, karena kalau lihat dari ukuran pohon, kemungkinan sudah lebih dari itu," ujarnyam 

Andri melanjutkan, berdasarkan keterangan A dan J, ganja yang ditanam biasanya dipanen setiap dua hari sekali. Hasil panen itu kemudian diolah untuk dikonsumsi sendiri dan diedarkan. (Ahmad Sayuti)