Ternyata, WHO Tak Sarankan Tubuh Disemprot Disinfektan

Ternyata, WHO Tak Sarankan Tubuh Disemprot Disinfektan
Ilustrasi/Antara Foto

INILAH, Jakarta - Ruangan disinfektan kini banyak digunakan untuk melindungi tubuh dari virus. Namun apakah hal tersebut diperbolehkan?

Mengutip akun instagram WHO (World Health Organization), @who, alcohol dan klorin tidak diperbolehkan diseprot ke seluruh tubuh untuk membunuh virus yang masuk ke dalam tubuh. Berikut adalah kutipan yang diambil dari akun instagram tersebut, Minggu, (29/03/2020).

"Bisakah, menyemprotkan alkohol atau klorin ke seluruh tubuh Anda membunuh coronavirus baru? Tidak. Menyemprotkan alkohol atau klorin ke seluruh tubuh Anda tidak akan membunuh virus yang telah memasuki tubuh Anda," superti yang dikutip dari akun WHO.

Kemudian, pada akun tersebut menjelaskan, menyemprotkan zat-zat semacam itu bisa berbahaya bagi pakaian atau selaput lendir (mata, mulut).

"Ketahuilah bahwa alkohol dan klorin dapat berguna untuk mendisinfeksi permukaan, tetapi harus digunakan berdasarkan rekomendasi yang tepat," ungkap WHO.

Meski begitu, tetap saja, bilik disinfektan digunakan untuk membersihkan diri dari virus. Contohnya yang dilakukan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Perempuan yang akrab disapa Risma itu mempromosikan bilik desinfektan kapada Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto melalui video call.

Seperti yang diberitakan, Risma menilai penggunakan bilik tersebut lebih sempurna dibandingkan cuci tangan dibandingkan penyemprotan dilakukan ke seluruh tubuh.(Inilahcom)