Jam Operasional Pasar-pasar di Bogor Dibatasi, Belanja Online Diberlakukan

Jam Operasional Pasar-pasar di Bogor Dibatasi, Belanja Online Diberlakukan
Foto: Rizki Mauludi
INILAH, Bogor - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Pakuan Jaya (PPJ) melakukan pengaturan jadwal operasional seluruh pasar untuk mendukung pemerintah menangani Covid-19 di Kota Bogor. Meski begitu PPJ berinovasi dengan memberlakukan pemesanan online untuk pembelian kebutuhan bahan-bahan pokok masyarakat.
 
Plt Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan, melalui surat edaran beberapa waktu lalu, Pemkot Bogor juga meminta kepada Perumda PPJ untuk mengatur jadwal operasional pasar. Karena ada beberapa pasar di Kota Bogor beroperasi 24 jam, kondisi tersebut dikhawatirkan bisa menjadi salah satu sumber penyebaran Covid-19.
 
"Untuk pasar kami minta kepada Perumda Pasar Pakuan Jaya untuk menerapkan pembatasan jam operasional," ungkap Dedie pada Minggu (29/3/2020).
 
Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) Perumda PPJ Kota Bogor, Muzakkir menuturkan, setelah adanya intruksi Wali Kota Bogor, jam operasional pasar sudah diatur dan diberlakukan segera.
 
"Jadi diatur jam buka untuk lebih optimal penyemprotan desinfektan dalam rangka pencegahan Covid-19," ungkap Muzakkir.
 
Saat ditanya apakah akan mengurangi signifikan pendapatan pedagang dan pemasukan bagi PPJ Kota Bogor, Muzakkir menyatakan, bahwa tidak ada penurunan Nyang signifikan, karena mengingat kondisi saat ini juga pedagang mungkin memaklumi.
 
"Ya, Insya Allah tidak mengurangi siginifikan, karena hanya sedikit pengurangan waktunya juga. Salah satu alasan kami itu tadi, supaya tim bisa optimal penyemprotan desinfektan. Kami juga setiap pasar menyediakan desinfektan chamber bagi karyawan, pedagang dan pengunjung," jelasnya.
 
Muzakkir memaparkan, pembatasan jadwal operasional itu meliputi Pasar Kebon Kembang buka pada pukul 10.00 WIB  sampai 16.00 WIB, Pasar Bogor Baru dan Pasar Sukasari buka pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB dan pukul 22.00 WIB 06.00 WIB. Untuk Pasar Jambu Dua buka pukul 14.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB, kemudian Pasar Gunung Batu mulai buka pukul 07.00 WIB hingga tutupnya pukul 16.00 WIB.
 
"Saya juga memberlakukan pembatasan operasional Pasar Merdeka buka pukul 07.00 WIB hingga 12 00 WIB dan pukul 22.00 WIB sampai 06.00 WIB. Pasar Depris buka pukul 10.00 WIB hingga tutup pukul 16.00 WIB. Pasar Tanah Baru buka pukul 15.00 WIB sampai 21.00 WIB, ada juga Pasar Padasuka buka pukul 05.00 WIB sampai 11.00 WIB dan terakhir Pasar Plaza Bogor buka pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB," paparnya.
 
Terpisah, Direktur Operasional (Dirops) PD PPJ Kota Bogor, Deni Aribowo menjelaskan, meski jam operasional terbatas, ada inovasi dari Perumda PPJ, masyarakat bisa tetep berbelanja untuk mengantisipasi menyebarnya Covid-19. Ini diambil mengantisipasi apabila kalau Bogor lockdown.
 
"Untuk sementara kami mempromosikan pedagang yang ada di pasar-pasar kami. Masyarakat bisa WhastApp atau menghubungi langsung ke pedagang untuk order. Biasanya mereka sudah langganan, untuk delivery pembeli bisa memakai ojol yang disetiap pasar akan kami sediakan lokasi ojolnya," pungkasnya. (Rizki Mauludi)