Siap-siap, Kota Bandung Wacanakan Karantina Wilayah

Siap-siap, Kota Bandung Wacanakan Karantina Wilayah
Wali Kota Bandung, Oded M. Danial/foto: INILAH/Yogo Triastopo

INILAH, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berupaya dalam mencegah penyebaran virus corona dengan berbagai cara, salah satunya penutupan empat ruas jalan yang memiliki keramaian yang cukup tinggi dan berencana akan mengkarantina wilayah yang terindikasi memiliki paparan penyebaran. 

"Kami sudah berdiskusi kemarin dengan FORKOPIMDA tentang wilayah karantina terbatas, yaitu kita akan kaji dulu dari mulai sebaran wilayah yang terpapar, dan untuk waktunya belum ditentukan," kata Wali Kota Bandung Oded M Danial di Pendopo, Jalan Dalem Kaum pada Senin (30/03/20).

Menurut dia, pada prinsipnya edukasi kepada masyarakat Kota Bandung dalam menyampaikan pesan-pesan pada tokoh masyarakat, RT dan RW melalui para camat agar masyarakat mengkarantina diri dan berdiam diri di rumah untuk meminimalisir paparan virus corona di wilayahnya.

"Saya selalu imbau kepada aparatur kewilayahan dan saat ini kami terus berkomunikasi dan meminta kepada para pakar atau ahli untuk mengakaji dulu mana saja wilayah yang harus di karantina," ucapnya. 

Dalam melakukan pencegahan merebaknya Virus Corona antar wilayah di Kota Bandung, sambung dia, pemerintah kota terus berkoordinasi bersama kepala daerah lain perihal perkembangan dampak dari covid-19. 

"Untuk antar wilayah Kota Bandung, Cimahi, Sumedang Kabupaten Bandung Barat, kami sudah berdiskusi dengan kepala daerah yang lain, kita sedang melihat situasi perkembangan seperti apa, masih dibutuhkan apa tidak," ujar dia. 

Oded pun kembali mengimbau agar tetap bersabar bagi warga Bandung yang ingin mudik ke kampung halamannya untuk berdiam diri di wilayah nya masing--masing dalam meminimalisir penyebaran virus corona ini. 

"Yang ingin mudik ke  Kota Bandung untuk berdiam dan bersabar di tempat nya masing--masing, begitu pula yang dari Kota Bandung juga  yang ingin mudik keluar Bandung untuk mengkarantina dan mengisolasi diri ditempat kita masing masing," tandasnya. (yogo triastopo)