Inilah Cara Menyembuhkan Kista yang Perlu Dicoba Tanpa Operasi

Inilah Cara Menyembuhkan Kista yang Perlu Dicoba Tanpa Operasi

Bagi wanita, penyakit yang mengganggu kesehatan organ reproduksinya menjadi salah satu momok tersendiri. Karena tak sedikit yang bisa berujung pada gangguan infertilitas atau kemandulan, sulitnya memperoleh keturunan, dan lainnya. Salah satu penyakit yang kerap menyerang organ reproduksi wanita adalah kista.

Mungkin nama penyakit ini sudah tidak asing lagi di telinga para wanita, karena terbilang cukup banyak orang di sekitar kita yang mengalami kondisi penyakit ini. Pada beberapa kasus, penyakit kista umumnya bisa diobati dengan mengkonsumsi obat-obatan tertentu saja. Baik itu obat-obatan kimia dari resep dokter maupun obat kista herbal yang sudah aman terpercaya, seperti Ling Shen Yao. Namun pada kasus kista yang sudah membesar dan membahayakan, tindakan operasi biasanya sering dilakukan.

Kista sendiri sebenarnya merupakan tumor jinak yang tidak berbahaya. Kista memiliki bentuk seperti benjolan dan berisi cairan kental, udara, nanah, maupun lainnya dan tumbuh pada organ dalam, seperti rahim, paru-paru, ginjal, dll. Untuk kista yang berukuran kecil umumnya tidak menimbulkan gejala apapun dan bahkan tidak mengganggu aktivitas penderitanya.

Sehingga jika saat memeriksakan ke dokter di diagnosa mengalami penyakit ini, maka tindakan yang bisa dilakukan adalah memantau keadaan kista yang diderita agar tidak semakin membesar.

Untuk mengobati kista, jangan terburu-buru untuk melakukan operasi dulu. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh kesembuhan dari penyakit kista yang diderita tanpa harus melakukan operasi, seperti yang berikut ini:

  1. Mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

Beberapa obat tertentu, seperti ibuprofen, acetaminophen, naprofen, dll biasanya digunakan untuk meredakan gejala nyeri akibat kista yang diderita. Selain itu, beberapa dokter ada juga yang meresepkan penggunaan pil KB untuk mengatasi kista yang diderita. Meskipun tidak dapat menghilangkan kista, hormon yang terkandung dalam pil KB berguna untuk mencegah dari terjadinya pembentukan kista baru.

 

  1. Berolahraga.

Untuk meredakan kista ovarium, melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga bisa membantu mengurangi ketegangan otot. Penderita bisa melakukan olahraga, seperti lari, yoga, dll. Dengan rutin melakukan olahraga juga bisa membantu bagi mereka yang menderita PCOS untuk mencapai berat badan idealnya. Selain bisa meredakan rasa nyeri yang diderita, kegiatan olahraga juga bisa membantu mengencangkan otot, sehingga pertumbuhan kista bisa dicegah.

 

  1. Mengubah pola makan.

Perkembangan ukuran kista menjadi lebih besar bisa dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Sehingga penting untuk menjaga pola makan sehat bagi Anda yang terkena penyakit kista. Seperti dengan menghindari makanan yang berpengawet, mengkonsumsi makanan yang menyehatkan dari buah dan sayur-sayuran, dll.

 

  1. Melakukan terapi panas.

Melakukan terapi panas bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga rasa nyeri yang mendera bisa lebih berkurang. Anda bisa mengompres pada bagian perut atau punggung bawah dengan handuk hangat atau bantal pemanas. Selain bisa mengurangi rasa nyeri, hal ini juga bisa berguna untuk membantu mengurangi ukuran kista.

 

  1. Pijat dan relaksasi.

Akibat nyeri yang diderita karena adanya kista, otot-otot di sekitarnya menjadi tegang. Maka dari itu melakukan pijat relaksasi pada bagian bawah, perut, dan paha bisa membantu mengurangi rasa nyeri.

 

Selain beberapa cara yang sudah disebutkan tersebut, menggunakan obat herbal untuk mengatasi kista yang menyerang juga bisa menjadi alternatif yang patut dicoba. Terlebih saat ini banyak sekali kita temui obat herbal yang sudah terpercaya dan halal dikonsumsi, seperti Ling Shen Yao contohnya yang memiliki banyak kandungan bahan terbaik untuk menyembuhkan penyakit kista.