Puan: DPR Fokuskan Kegiatan Bantu Atasi Covid-19

Puan: DPR Fokuskan Kegiatan Bantu Atasi Covid-19
Ketua DPR RI Puan Maharani. (antara)

INILAH, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan lembaganya akan membuka Masa Sidang III Tahun Sidang 2019-2020 pada Senin (30/3), dan semua kegiatan DPR akan difokuskan membantu mengatasi Covid-19.

Puan akan memimpin Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan III tahun Sidang 2019 – 2020, pada Senin (30/3) siang.

"Dalam masa darurat, semua kegiatan DPR akan diarahkan untuk membantu atasi wabah Covid-19. Kalau tidak ada sidang paripurna, maka status DPR akan tetap reses, tidak bisa melakukan fungsinya secara maksimal," kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Senin (30/3/2020).

Menurut Puan, rapat paripurna harus dilakukan agar DPR bisa mulai bekerja melakukan fungsi pengawasan, anggaran dan legislasi terutama di saat darurat wabah Covid-19.

Politisi PDI Perjuangan itu mengatakan, DPR selain akan fokus pada penanganan wabah Covid-19, juga akan mencari formulasi untuk membantu pemerintah mengatasi dampak-dampak wabah virus tersebut.

"Terutama dampak sosial ekonominya, misalnya desain APBN sudah tidak sesuai asumsi-asumsi yang digunakan. Karenanya dibutuhkan penyesuaian dan perubahan baik dari sisi penerimaan, belanja dan pembiayaan yang fokusnya pada penanganan wabah Covid-19 serta penanggulangan dampak sosial dan ekonominya," ujarnya.

Dia mengatakan, DPR akan memberikan dukungan penanganan pandemi Covid-19 melalui fungsi -fungsi anggaran, legislasi maupun pengawasan agar masyarakat terlindungi dari aspek kesehatan maupun ekonomi. (antara)