Pelindo IV Ekspor Perdana dari KKT Balikpapan

Pelindo IV Ekspor Perdana dari KKT Balikpapan
Ilustrasi (Antara)

INILAH, Makassar - Setelah sukses melakukan direct call atau pelayaran langsung ke luar negeri perdana dari Terminal Peti kemas Makassar (TPM) Makassar pekan lalu, kini SeaLand (Maersk Line Group) kembali melaksanakan direct call dari Kaltim Kariangau Terminal (KKT), Balikpapan, Kaltim.

"Kini SeaLand juga sudah melakukan direct call dari Balikpapan, yaitu KKT dengan mengangkut sejumlah komoditas unggulan dari wilayah itu," kata Direktur Utama PT Pelindo IV Farid Padang di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin.

Dia mengatakan walaupun saat ini sedang ada bencana wabah Covid-19 di Indonesia dan beberapa negara lainnya, tapi Pelindo IV masih mendapat kesempatan melakukan direct call perdana kapal milik Sealand dari Balikpapan.

“Dalam pelayaran langsung ke luar negeri yang perdana dari Balikpapan itu, SeaLand menggunakan kapal MCC Kyoto berkapasitas angkut 1.500 TEUs dengan rute Filipina, Thailand, China, Malaysia, Makassar, Balikpapan, Filipina, China dan Thailand,” paparnya.

Rute tersebut kata Farid, merupakan rute yang baru dibuka. Ke depan juga akan dibuka rute ke India, tetapi masih dalam tahap penjajakan.

Sandarnya MCC Kyoto di dermaga KTT, menurut Farid, sudah melalui SOP pemeriksaan terkait wabah Virus Corona jenis baru (Covid-19), terutama untuk kapal asing yang masuk.

"Khusus pemeriksaan kru kapal asing, pihaknya melibatkan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan beberapa instansi pelabuhan setempat," katanya.

Farid mengatakan hampir semua kegiatan ekspor impor di wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara melalui Terminal Peti kemas (TPK) Kariangau sebagai hub port dengan empat perusahaan pelayaran yang dilayani yaitu PT SPIL, Meratus, TemasLine, dan PT Tanto Intim Line. (antara)