Tersebar di 40 Kecamatan, ODP di Garut Capai 751 Kasus

Tersebar di 40 Kecamatan, ODP di Garut Capai 751 Kasus

INILAH, Garut- Kendati belum ada temuan kasus positif terjangkit Covid-19, angka kasus Covid-19 di Kabupaten Garut terus merangkak mendekati 800 kasus.

Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Garut mencatat, hingga Senin (30/3/2020) pukul 18.00 WIB, angka kasus Covid-19 di Kabupaten Garut mencapai sebanyak 768 kasus, terdiri atas 17 kasus PDP, dan 751 kasus ODP. Kasus Covid-19 tersebut tersebar di 40 dari 42 kecamatan yang ada di Kabupaten Garut.

Terdapat tambahan dua kasus baru PDP, yakni seorang laki-laki berusia 66 tahun dan seorang perempuan berumur 9 bulan. Keduanya dirawat di ruang isolasi RSU dr Slamet Garut bersama dengan tujuh PDP sebelumnya. Sehingga jumlah PDP masih diisolasi di RSU Garut sebanyak sembilan orang.

"Secara keseluruhan, temuan kasus PDP di Garut sampai saat ini sebanyak 17 kasus. Delapan PDP di antaranya sudah dipulangkan," kata Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Garut Ricky R Darajat.

Dia menyebutkan, temuan baru kasus ODP mencapai sebanyak 170 kasus. Sehingga secara keseluruhan, kasus temuan ODP di Garut hingga kini mencapai sebanyak 751 kasus. Sebanyak 42 ODP di antaranya sudah dinyatakan selesai pemantauannya, 57 ODP dalam proses perawatan di rumah sakit dan puskesmas, serta 652 ODP lainnya dalam pemantauan Dinas Kesehatan dan puskesmas.

Menurut Ricky, terus bertambahnya angka temuan ODP di Garut tak terlepas dari berfungsinya surveilens dengan baik secara struktur dari Dinas Kesehatan, puskesmas, rumah sakit, dan fasilitas pelayanan dalam mendeteksi kasus Covid-19. 

Ditambah peran masyarakat yang proaktif melaporkan ketika terdapat anggota masyarakat lainnya memiliki resiko tinggi penularan Covid-19. Terutama, warga yang baru pulang dari daerah atau kota zona merah Covid-19, atau diduga ada riwayat kontak dengan kasus Covid-19 sebelumnya.(zainulmukhtar)