PGRI Jabar: Dana UN Dialihkan untuk Penanganan Covid-19 Saja

PGRI Jabar: Dana UN Dialihkan untuk Penanganan Covid-19 Saja

INILAH, Bandung - Ketua PGRI Jawa Barat Dede Amar tergerak untuk memberikan pernyataan dan imbauan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, agar anggaran pelaksanaan ujian nasional (UN) dialihkan untuk dana penanganan dan memutus penyebaran virus corona/Covid-19 di Tanah Air.

Selain itu, hal tersebut pun berdasarkan usulan dari pengurus PGRI di kabupaten/kota se-Jawa Barat, termasuk praktisi pendidikan.

"UN tersebut dialihkan untuk penanggulangan bencana Covid-19. Di mana akhir-akhir ini telah merebak ke seluruh pelosok negeri. Pelaksanaan UN untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK tahun 2019-2020 yang akan diikuti sekitar 8 juta peserta, dibatalkan oleh Mendikbud karena darurat musibah ini," papar Dede, Selasa (31/3/2020).

Dia mengungkapkan ada beberapa poin yang disampaikan PGRI Jawa Barat, seperti semua masyarakat khususnya anggota PGRI Jabar, agar selalu memohon doa dan segera diselamatkan dari musibah ini. Selain itu, semua guru agar melaksanakan instruksi Menteri Pendidikan, gubernur, bupati/walikota, dalam merealisasikan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Selain itu, PGRI Jawa Barat tidak sependapat jika bantuan untuk musibah Covid-19 akan memotong dari tunjangan atau penghasilan guru, baik dari pusat maupun daerah. "Memohon dan mendesak Menteri Pendidikan agar mengalihkan dana UN untuk penanggulangan bencana Covid-19," tambah Dede. (okky adiana).