Sosial Distancing Bikin Angka Kecelakaan di Jabar Menurun

Sosial Distancing  Bikin Angka Kecelakaan di Jabar Menurun
Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga/istimewa

INILAH, Bandung - Lebih dari dua pekan pemerintah melalukan kebijakan pembatasan aktivitas masyarakat demi menekan angka penyebaran virus corona atau Covid-19. Kebijakan tersebut, ternyata berdampak juga pada angka kecelakaan lalu lintas di Jawa Barat.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga, mengatakan angka kecelakaan lalu lintas sepanjang bulan Maret 2020 menurun, jika dibandingkan pada bulan sebelumnya. Bila dibandingkan Februari dengan Maret, penurunannya 16 persen.

Jumlah kecelakaan lalu lintas pada bulan Maret di Jawa Barat sejumlah 566 kejadian dengan korban jiwa meninggal 175 orang. Sedangkan pada bulan sebelumnya atau bulan Februari, jumlah kecelakaan mencapai 676 kejadian dengan korban meninggal dunia sebanyak 236 jiwa.

"Pada bulan Januari, angka kecelakaan lalu lintas di Jabar 739 kasus dengan korban jiwa berjumlah 290 orang," ucap Erlangga saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (1/4/2020).

"Jadi, jumlah kecelakaan selama bulan Maret menurun bila dibandingkan dengan bulan Februari dan Januari," sambung Erlangga.

Lebih lanjut, Erlangga menambahkan, kebijakan pemerintah terkait pembatasan aktivitas masyarakat di luar rumah, diyakini menjadi satu diantara alasan menurunya angka kecelakaan lalu lintas di Jawa Barat.

"Social distancing bisa juga memberikan pengaruh penurunan laka lantas. Karena kan mobilitas masyarakat berkurang," pungkas Erlangga. (Ridwan Abdul Malik)