Dana BTT dan Pembebasan Lahan Ibu Kota Bogor Barat Dialihkan untuk Penanganan Covid-19

Dana BTT dan Pembebasan Lahan Ibu Kota Bogor Barat Dialihkan untuk Penanganan Covid-19
Sekda kabupaten Bogor Burhanudin. (Reza Zurifwan)

INILAH, Bogor - Sisa anggaran Biaya Tak Terduga (BTT) bencana alam banjir bandang, longsor dan anggaran pembebasan lahan calon ibu kota Bogor Barat di Kecamatan Cigudeg digeser sementara untuk penangganan pandemi Virus Corona (Covid-19).

Sekda kabupaten Bogor Burhanudin pun membenarkan pergeseran anggaran tersebut, dan ia menjelaskan hal ini dilakukan Pemkab Bogor demi keselamatan masyarakat

"Nyawa manusia itu yang utama, hingga sisa anggaran BTT bencana alam banjir bandang dan longsor lalu anggaran pembebasan lahan calon ibu kota Bogor Barat di Kecamatan Cigudeg bantuan dari KORPRI dengan total besar Rp 80 miliar untuk sementara kami geser untuk penangganan penyebaran virus corona," ucap Burhanudin kepada wartawan, Selasa (1/4).

Pria juga menjabat selaku selaku Ketua Harian Gugus Tugas Penyebaran Covid 19 Kabupaten Bogor menambahkan bahwa tidak menutup kemungkinan anggaran program kerja lainnya pun juga digeser, 

"Kalau wabah virus corona ini penyebarannya masih masif maka tidak kemungkinan anggaran program kerja lainnya juga digeser, namun jika tidak maka anggaran pembebasan lahan calon ibu kota Bogor Barat di Kecamatan Cigudeg akan kami anggarkan lagi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD - P)," tambahnya.

Burhanudin menjelaskan penggeseran anggaran sisa BTT bencana alam banjir bandang dan longsor serta pembebasan lahan calon ibu kota Bogor Barat di Kecamatan Cigudeg untuk penangganan penyebaran wabah virus corona ini sudah diberitahukan ke rekan - rekan wakil rakyat terutama di badan anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Bogor.

"Saya yang juga Ketua Tim Anggaran Pendapatan Daerah (TAPD) hari ini bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait sudah memaparkan pergeseran - pergeseran anggaran yang kami lakukan demi efektifitas dan efesiensinya kegiatan," jelas Burhan sapaan akrabnya. (Reza Zurifwan)