Sambangi Banjir Dayeuhkolot, RK: Mohon Maaf, Semoga Sodetan Cisangkuy Cepat Rampung

Sambangi Banjir Dayeuhkolot, RK: Mohon Maaf, Semoga Sodetan Cisangkuy Cepat Rampung
Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil. (Istimewa)

INILAH, Bandung - Untuk ke sekian kalinya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyambangi lokasi banjir di kawasan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Rabu (1/4/2020). Menyusul banjir di kawasan tersebut yang tidak kunjung surut sejak Minggu (29/3/2020).

Ridwan Kamil mengatakan, debit air dari hujan yang besar belum dapat dikendalikan sepenuhnya. Kendati Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum telah mengoperasikan Curug Jompong selama tiga hari.

“Tiga hari berturut-turut dari mulai hari Minggu Senin dan Selasa Curug Jompong sudah dimaksimalkan nanti videonya bisa di-share oleh BBWS ini hanya bisa dikurangi kalau Sodetan Cisangkuy ini selesai kan,” ujar Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil menyampaikan, pihaknya menargetkan proyek Sodetan Ciangkuy dapat digunakan secara efektif pada akhir tahun 2020 ini. Di mana saat ini pun pengerjaan proyek tersebut tetap digenjot.

“Mudah-mudahan dengan kita percepat nanti dengan situasi seperti ini juga pekerjaan melambat mudah-mudahan ada yang bisa kita bantu dulu di situasi seperti ini,” tuturnya.

Pihaknya berinisiatif memberikan bantuan pada warga korban banjir terlebih dahulu sambal menunggu tim PUPR merapatkan proses percepatan Sodetan Cisangkuy. Karena bilamana Sodetan Cisangkuy itu selesai maka air tidak banyak yang datang ke kawasan Dayeuhkolot, namun karena proses konstruksi itu butuh waktu memang masih ada kendala.

“Kami mohon maaf mudah-mudahan secepatnya selesai Sodetan Cisangkuy melengkapi dengan Curug Jompong yang saya lihat videonya tadi sudah maksimal ya. Memang belum bisa seratus persen menunggu dua urusan lagi, satu Sodetan Cisangkuy dan danau baru yang ada di Andir yang juga dalam proses tahun ini konstruksi,” tuturnya.

Pada kesempatan mengunjungi korban banjir ini, Emil didampingi Ketua Umum Jabar Bergerak Atalia Ridwan Kamil. (rianto nurdiansyah)