Ridwan Kamil Segera Sosialisasikan PSBB ke Sejumlah Daerah

Ridwan Kamil Segera Sosialisasikan PSBB ke Sejumlah Daerah
foto: Humas Pemprov Jabar

INILAH, Bandung-Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan mensosialisasikan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kepada setiap daerah, Kamis (2/4/2020). Hal tersebut sesuai dengan yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2020  dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

Ridwan Kamil mengatakan, terkait PSBB ini menjadi salah satu bahasan saat menjalin rapat koordinasi dengan Presiden Joko Widodo melalui video conference, Selasa (31/3) kemarin. 

"Mungkin besok saya teleconference ke seluruh daerah untuk sosialisasi PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar," ujar Ridwan Kamil, Rabu (1/4/2020).

Emil menyampaikan, pada PSBB ini terdapat  prosedur karantina wilayah skala parsial, baik di level RT/RW sampai tingkat  kecamatan. Kecuali untuk kota dan provinsi, menurut dia, harus ada izin dari presiden.

"Gak ada bedanya (dengan karantina wilayah parsial) hanya beda istilah saja dan bedanya adalah peraturan pemerintah dan Perpresnya yang diterjemahkan dengan detail sudah hadir," katanya. 

Sejauh ini pun, Emil mengaku, sudah menerapkan secara praktik karantina wilayah parsial. Yaitu mengizinkan hingga level kecamatan untuk melalukan tindakan antisipasi penyebaran virus Corona tersebut.

"Contohnya di Sukabumi sudah dilakukan dari kemarin melakukan pembatasan wilayah parsial atau PSBB skala kecamatan karena ada temuan positif rapid test yang lumayan besar," katanya. (Riantonurdiansyah)