FAGI Ajak Guru PNS Sumbang Penghasilan untuk Corona

FAGI Ajak Guru PNS Sumbang Penghasilan untuk Corona
istimewa

INILAH, Bandung - Ketua Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) Jawa Barat Iwan Hermawan mendukung dan mengajak guru ASN atau PNS menyumbang penghasilannya untuk pencegahan Covid-19 dan untuk membantu orang tidak mampu khususnya untuk guru honorer.

"Namun bentuknya sumbangan sukarela tidak di paksakan. PNS Jabar pendapatanya lumayan, selain gaji, dapat juga tambahan penghasilan pegawai (TPP) dan konvensasi uang makan, bahkan ada non guru yang dapat TPP di atas 10 juta. Guru PNS Jabar rata-rata dapat 10 juta perbulan dari gaji tunjangan profesi guru (TPG), TPP, konpensasi uang makan (KUM)," ucap Iwan, Kamis (2/4/2020).

Meski demikian, FAGI Jabar meminta ada gerakan sumbangan dari PNS. Sebaiknya dari konvensasi uang makan di potong, karena hampir seluruhnya PNS Jabar bekerja di rumah dan tidak lagi makan di tempat kerja. Kendati begitu, harus ada formulir kesediaan, kalau tidak bersedia jangan di paksa.

"Tapi saya juga memaklumi lah ada juga guru yang kurang sejahtera. Jadi intinya sumbangan dari guru-guru PNS di Jawa Barat sifatnya sukarela tidak memaksa dan jika mau dipotong ambil saja kompensasi uang makan, kan selama ini guru-guru diam di rumah. Tapi harus ada kesepakatan lah," ujar Iwan. (Okky Adiana).