DPRD Kabupaten Bogor Tiru PKS Sumbangkan Gajinya untuk Corona

DPRD Kabupaten Bogor Tiru PKS Sumbangkan Gajinya untuk Corona
Ketua DPD PKS Kabupaten Bogor Agus Salim /INILAH: Reza Zurifwan

INILAH, Bogor - Intruksi Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman dilaksanakan sembilan anggota DPRD Fraksi PKS Kabupaten Bogor, yaitu menyumbangkan satu bulan gajinya untuk penangganan wabah virus corona.

Ketua DPD PKS Kabupaten Bogor Agus Salim mengatakan sumbangan satu bulan gaji para wakil rakyat ini disumbangkan kepada warga Bumi Tegar Beriman yang terdampak wabah virus corona melalui crisis center cegah covid 19 PKS.

"Gaji satu bulan para wakil rakyat Fraksi PKS kami sumbangkan melalui crisis center cegah covid 19 PKS, nanti uang tersebut dibelikan Alat Pelindung Diri (APD) untuk Orang Dengan Resiko (ODR), untuk membeli sembako yang diberikan kepada warga terdampak wabah virus coroba dan lainnya," kata KH Agus Salim kepada wartawan, Rabu (2/4/2020).

Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor ini menambahkan apabila penyebaran wabah virus corona ini terus berlanjut, maka tidak menutup kemungkinan gaji bulan selanjutnya kembali disumbangkan.

"Kalau memang wabah virus corona ini terus berlanjut penyebarannya, maka gaji bulan Mei, Juni dan berikutnya akan kami sumbangkan lagi, InsyaAllah. Selain itu kader PKS yang rezekinya berlebih juga ikut menyumbangkan hartanya sementara kader lainnya menyumbangkan tenaga dan pemikirannnya," tambahnya.

Terpisah, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto menuturkan akan meniru langkah Fraksi PKS DPRD Kabupaten Bogor dengan menyumbangkan gajinya untuk penangganan wabah virus corona.

"Kalau Fraksi Gerindra belum tau mau atau tidak, tetapi saya pribadi akan meniru Fraksi PKS DPRD Kabupaten Bogor untuk menyumbangkan gaji demi penangganan wabah virus corona," tutur Rudy.

Ia menjelaskan bahwa para pimpinan dan anggota badan anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Bogor tadi malam urunan membeli 200 APD sesuai standar WHO, nantinya APD tersebut akan disumbangkan ke rumah sakit dan puskesmas.

"Banggar DPRD Kabupaten Bogor tadi malam urunan Rp 200 juta untuk membeli 200 APD yang sesuai standar WHO, APD tersebut bisa dicuci hingga 20 kali. APD ini kami berikan kepada dokter, perawat dan petugas kesehatan yang menanggani wabah virus corona," jelasnya.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bogor Didi Kurnia bersyukur ada sumbagan APD, karea selama ini dokter, perawat dan tenaga medis ada yang menggunakan jas hujan berbahan karet dalam menanggani wabah virus corona.

"Jujur kita kesulitan mengadakan APD yang sesuai standar WHO hingga para dokter, perawat dan tenaga medis pun terpaksa menggunakan jas hujan berbahan karet karena selain lebih murah, jas hujan tersebut pun bisa dicuci dan digunakan kembali hingga kalau ada sumbangan APD yang berstandar WHO, kami pun mengucapkan banyak terima kasih," ujar Didi. (Reza Zurifwan)