Bandel, Warga Kabupaten Bogor Terpapar Virus Corona Kian Meningkat

Bandel, Warga Kabupaten Bogor Terpapar Virus Corona Kian Meningkat
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Bogor - Bupati Bogor Ade Yasin menegaskan, warga sebaiknya melaksanakan imbauan stay at home. Masih banyaknya masyarakat yang enggan berdiam diri di rumah itu mengakibatkan jumlah orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), dan yang terkonfirmasi positif Covid-19 meningkat.

Menurutnya, data terbaru menunjukkan jumlah ODP sebanyak 307 orang, PDP ada 151 orang, dan positif Covid-19 ada 14 orang. Dari total itu, dua orang dinyatakan sembuh dan satu orang meninggal dunia.

"Masyarakat masih banyak yang berlalu lalang dan tidak melaksanakan himbauan stay at home hingga jumlah orang yang positif, PDP dan ODP wabah virus coroa terus bertambah, kalau masih seperti ini kita kesulitan dalam penangganannya," kata Ade, Kamis (2/4/2020).

Guna menekan angka tersebut, dia meminta masyarakat sadar dan lebih peduli. Termasuk, membuat Rukun Warga (RW) Siaga Corona hingga jika ada tamu itu diharapkan melapor kepada pengurus RT dan RW setempat.

"Jika ada tamu menginap itu tolong dipantau. Dalam situasi seperti ini tamu itu masuk dalam kategori ODP). Mereka diwajibkan melapor hingga jika pun ada penyebaran wabah virus corona itu bisa kedeteksi dengan cepat. Pembentukan RW Siaga Corona ini harus dipimpin oleh masing-masing Kepala Desa atau Lurah,"  pintanya. (Reza Zurifwan)