Bertambah Satu Orang, RSHS Bandung Rawat 18 Pasien Positif Covid-19

Bertambah Satu Orang, RSHS Bandung Rawat 18 Pasien Positif Covid-19

INILAH, Bandung - Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung kini merawat 18 pasien positif Covid-19. Semua pasien positif itu didominasi orang lanjut usia atau lansia.

Hal itu disampaikan, Direktur Perencanaan Organisasi dan Umum RSHS M Kamaruzzaman dalam keterangan persnya, Kamis (2/4/2020).

"Positif baru hari ini berjumlah satu, sehingga total konfirmasi positif yang masih dirawat berjumlah 18 orang," ucapnya.

Kamaruzzaman menyebutkan, 18 pasien positif Covid-19 itu berasal dari 47 pasien dalam dengawasan (PDP) yang sedang dirawat RSHS Bandung. Sisa PDP lainnya masih menunggu hasil Laboratorium Litbangkes Kementerian Kesehatan.

"Total PDP yang dirawat hari ini berjumlah 47 orang. Dari 47 orang ini 26 masih menunggu hasil swab sedangkan yang sudah terkonfirmasi positif berjumlah 18 orang," ujar Kamar.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan usia pasien positif Covid-19 masih didominasi lansia. Selain itu, penyakit penyerta atau bawaan pun menjadi satu diantara pemicu memburuknya kondisi kesehatan pasien positif Covid-19.

"Kebanyakan mereka adalah berusia di atas 50 tahun dan memiliki penyakit penyerta atau penyakit kronis paling banyak berdasarkan data adalah hipertensi dan diabetes mellitus," ungkapnya.

Dia menambahkan, untuk jumlah orang dalam pemantauan (ODP) kini bertambah enam orang. Sehingga total ODP di RSHS Bandung berjumlah 321 orang. Sementara untuk, PDP yang meninggal dunia sampai saat ini berjumlah 19 orang. Dengan rincian 11 orang terkonfirmasi positif Covid-19. (Ridwan Abdul Malik)