DPRD Jamin Ketersediaan Sembako di Jabar

DPRD Jamin Ketersediaan Sembako di Jabar
net

INILAH, Bandung – Pandemi corona virus disease 2019 (covid-19) berdampak luas di tengah masyarakat. Salah satunya terjadi kelangkaan sembako terutama gula pasir.

Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat Rahmat Hidayat Djati mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan tim gugus tugas covid-19 guna memastikan ketersediaan pangan tetap stabil di tengah perjuangan penanganan virus tersebut.

“Kami dari Komisi II DPRD Jabar baru saja melakukan rapat daring dengan divisi stabilisasi ekonomi gugus tugas Covid-19. Yang poin utamanya memastikan kondisi ketersediaan pangan di Jabar bisa dipastikan terjaga. Kita akan terus pantau untuk memastikan ketersediaan di lapangan,” ujar Rahmat kepada INILAH, Kamis (2/4/2020).

Mengenai kelangkaan gula pasir, Rahmat mengakui hal itu berdampak pada kenaikan harga. Kendati demikian, dia memastikan masalah tersebut akan berakhir pada pertengahan April mendatang. Sebab, pemerintah akan melakukan impor demi menjamin ketersediaan sekaligus akan stabilkan kembali harga gula di tingat pasar.

“Untuk gula, memang sementara ini ada kelangkaan. Tapi barangnya sebetulnya ada. Dan adanya keputusan pemerintah di awal Maret lalu untuk impor 300 ribu ton, tentu akan menstabilkan harga di April atau Mei nanti. Kalaupun sementara ini harga masih agak tinggi. Nanti akan turun mulai pertengahan April nanti,” tandas Rahmat. (Yuliantono)