Doni-Bamsoet Ajak Gotong Royong dan Bersatu Melawan Covid-19

Doni-Bamsoet Ajak Gotong Royong dan Bersatu Melawan Covid-19
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo. (antara)

INILAH, Jakarta - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo bersama Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengajak semua pihak di Indonesia untuk bersama-sama bergotong royong dan bersatu padu dalam melawan pandemi Covid-19.

Doni dalam konferensi pers di Graha BNPB Jakarta, Kamis, mengatakan perbincangan bersama Ketua MPR RI beserta rombongannya guna memberikan dukungan moril dan menyepakati untuk bersama-sama mengajak seluruh elemen bangsa bersatu dan bergotong royong sebagai kekuatan bangsa dalam menghadapi wabah Covid-19.

"Kebersamaan gotong royong ini suatu kekuatan bangsa kita, sehingga ketika kita menyampaikan narasi gotong royong satu sama lain memberikan bantuan, ini adalah implementasi Pancasila," kata Doni.

Selain itu, Doni Monardo dan Bambang Soesatyo sepakat bahwa seluruh elemen bangsa untuk meningkatkan persatuan dan meninggalkan ego sektoral masing-masing. Dengan bersatupadunya seluruh elemen bangsa dari para pemimpin hingga lingkup terkecil di masyarakat bisa menciptakan kekuatan untuk mendorong moril bangsa.

Dengan adanya kekuatan persatuan, kata Doni, bisa memberikan optimisme pada bangsa sehingga dapat meningkatkan imunitas tubuh dan membantu terhindar dari Covid-19.

Selain itu, Doni juga menekankan pentingnya meningkatkan disiplin individu maupun disiplin kolektif dalam mematuhi kebijakan pemerintah dalam rangka pencegahan Covid-19. Doni meminta kepada masyarakat untuk saling mengingatkan dan bersama-sama menghindari ancaman virus. Bagaimanapun juga, kata Doni, langkah pencegahan menjadi prioritas utama dalam penanganan virus corona.

Doni juga berharap para petugas di lapangan baik itu tenaga medis maupun aparatur pemerintahan di daerah untuk meningkatkan keterampilan dalam memahami dan mencegah penyebaran Covid-19. Doni yang juga merupakan Kepala BNPB menyebut para kepala desa memiliki peran yang besar dalam upaya-upaya pencegahan agar warganya di desa terhindar dari wabah virus.

Ketua MPR Bambang Soesatyo berharap seluruh pejabat negara turut turun tangan tampil di hadapan publik untuk menenangkan masyarakat sekaligus memberikan kepercayaan kepada rakyat bahwa negara hadir dan mampu menghadapi persoalan pandemi Covid-19. (antara)