Jaga si Buah Hati, Ini Tips Mencuci Tangan ala Mothercare

Jaga si Buah Hati, Ini Tips Mencuci Tangan ala Mothercare
ilustrasi

INILAH, Jakarta-  Ditengah maraknya banyak pemberitaan yang kurang baik mengenai kondisi saat ini, ada baiknya para orangtua memberikan pengertian dan penjelasan terhadap pentingnya menjaga kesehatan diri dari virus tanpa memberikan rasa panik dan paranoia kepada anak.

Anak-anak seringkali memasukkan beragam barang kedalam mulut dan dikarenakan dalam masa aktif, anak-anak sering menyentuh beragam benda tanpa diketahui kebersihannya. Dikarenakan hal tersebut, maka penting bagi orang tua untuk selalu memantau kesehatan dan kebersihan sang buah hati agar terhidar dari berbagai penyakit.

Stefani, Marketing Manager Mothercare Indonesia mengatakan menuturkan dengan banyaknya berita kurang menyenangkan diluar sana terhadap pandemic yang sedang melanda, penting untuk tetap dirumah dan menjaga kesehatan anak.

“Momen untuk berkegiatan di rumah ini dapat dijadikan momen istimewa di mana orang tua bisa lebih dekat anak,” tutur Stefani dalam siaran persnya, Kamis (2/4/2020).

Menurut dia, guna menjaga kesehatan serta memperkuat kekebalan tubuh dan juga mempererat hubungan orang tua dan anak, Mothercare mengajak orang tua untuk bersama-sama rajin mencuci tangan serta dan berjemur di bawah sinar matahari pagi.

“Anak biasa meniru dari apa yang mereka lihat, maka untuk membiasakan anak melakukan hal baik harus dimulai dari orang tua,” jelasnya.

Stefani menuturkan biasakan si kecil untuk selalu mencuci tangan setelah melakukan segala aktivitas sedari dini, baik itu bermain, setelah bepergian ataupun setelah menyentuh permukaan yang disentuh banyak orang.

“Agar momen mencuci tangan lebih menyenangkan dan bukan menjadi beban, ajak si kecil mencuci tangan sambil menyanyikan lagu anak-anak seperti Balonku atau Lihat Kebunku yang berdurasi 20 hingga 30 detik.

Seraya menambahkan tak lupa memperlihatkan cara mencuci tangan yang benar dengan menggunakan air dan sabun.

Tips mencuci tangan ala Mothercare:

1.  Basahi tangan dengan menggunakan air yang mengalir. Untuk mengurangi penggunaan air

pastikan air dimatikan terlebih dahulu. Untuk mengukur waktu, ajak si kecil menyanyikan lagu

Balonku atau Lihat Kebunku sambil mencuci tangan.

2.  Gosok sabun pada telapak tangan, kemudian gosok kedua telapak tangan secara memutar

3.  Usap dan gosok kedua punggung tangan

4.  Gosok sela-sela jari tangan

5.  Bersihkan ujung jati dengan posisi saling mengunci dan gosokkan ujung jari ke telapak

tangan

6.  Setelah keempat jari dibersihkan saatnya membersihkan ibu jari dengan gerakan memutar.

Gosok dan putar secara menyeluruh

7.  Bilas dengan air mengalir

8.  Keringkan tangan dengan menggunakan handuk atau tissue

Jika biasanya pagi hari kita disibukkan dengan menyiapkan kebutuhan keluarga atau berangkat ke kantor, kini untuk sementara waktu bisa diubah dengan berjemur bersama di bawah sinar matahari untuk memperkuat kekebalan tubuh.

“Ajak si kecil dan keluarga untuk berjemur pada pukul 10 pagi. tak perlu berlama-lama, cukup 15 menit saja. Sinar matahari yang terbaik ada pada pukul 10 pagi, di matahari sudah sedikit naik dan panas,”  jelas Stefani.