Demokrat Tunda Konvensi Presiden hingga Agustus

Demokrat Tunda Konvensi Presiden hingga Agustus

INILAH, Washington- Partai Demokrat pada Kamis (2/5/2020) menunda konvensi pencalonan presiden Amerika Serikat hingga Agustus, mengingat krisis kesehatan akibat virus corona yang telah mengubah kehidupan sehari-hari dan menyebabkan banyak negara menunda pemilihan pendahuluan mereka.

Demokrat akan mengadakan konvensi di Milwaukee -dijadwalkan pada minggu 17 Agustus - untuk secara resmi memilih calon mereka untuk menantang Presiden Donald Trump dari Partai Republik dalam pemilihan umum November mendatang. Sebelumnya konvensi dijadwalkan pada bulan Juli.

Pandemi tersebut telah memaksa kandidat terdepan Demokrat, Joe Biden dan saingannya Bernie Sanders untuk menghentikan sementara kampanye mereka, dan lebih dari selusin negara telah menunda kontes pencalonan mereka karena kekhawatiran tentang risiko kesehatan terhadap masyarakat.

"Dalam kondisi ketidakpastian saat ini, kami percaya pendekatan paling cerdas adalah mengambil waktu tambahan untuk memantau bagaimana situasi ini terungkap," kata Joe Solmonese, kepala eksekutif Komite Konvensi Nasional Demokrat.

Konvensi tersebut akan diadakan di Wisconsin, negara bagian yang dimenangkan Trump pada 2016. Negara bagian itu dipandang sebagai medan pertempuran utama untuk pemilihan presiden 2020.

Dalam sebuah wawancara televisi, Biden pada hari Rabu menyerukan untuk menunda kebaktian.

Wawancara tersebut dilakukan di ruang bermain di rumahnya yang disulap menjadi studio darurat.

Biden, mantan Wakil Presiden AS, saat ini memimpin kontes pencalonan dari Demokrat melawan Sanders, seorang senator AS dari Vermont.

Meskipun rakyat AS tetap tinggal di rumah mereka untuk memperlambat penyebaran COVID-19, sekitar 100.000 hingga 240.000 orang dapat meninggal akibat penyakit ini, menurut para ahli medis Gedung Putih.

Sekitar 5.340 orang Amerika telah meninggal dan lebih dari 225.510 kasus telah dikonfirmasi, menurut penghitungan Reuters.

Partai Republik telah merencanakan untuk mengadakan konvensi pencalonan mereka pada bulan Agustus, di Charlotte, North Carolina.

Juru bicara Komite Nasional Republik Rick Gorka mengatakan partai memiliki sumber daya yang diperlukan untuk kontes nominasi mereka.

"Kami berkomitmen penuh untuk mengadakan konvensi Partai Republik di Charlotte seperti yang direncanakan dan mencalonkan kembali Presiden Trump," kata Gorka.