Sikapi Penolakan Pemakaman Pasien Covid-19, Ridwan Kamil Kirim Surat Edaran ke Kabupaten/Kota

Sikapi Penolakan Pemakaman Pasien Covid-19, Ridwan Kamil Kirim Surat Edaran ke Kabupaten/Kota
dok/inilahkoran

INILAH, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah mengirim surat edaran ke seluruh kabupaten/kota se-Jabar gara memaksimalkan persiapan pemakaman jenazah pasien Covid-19. Hal itu menyusul adanya penolakan dari masyarakat pada sejumlah daerah termasuk di Jabar.

Ridwan Kamil berharap masyarakat tidak khawatir tertular virus, mengingat pemakaman pasien Covid-19 sudah sesuai dengan standar.

"Untuk memperkuat itu saya sudah mengirim surat edaran ke seluruh kota/kabupaten agar melakukan persiapan pemakaman lebih maksimal," ujar Ridwan Kamil, Jumat (3/4/2020).

Emil -sapaan Ridwan Kamil- menyampaikan, dalam surat edaran itu pun mengimbau setiap kota/kabupaten agar memberikan edukasi kepada masyarat. Sehingga, masyarakat lebih memahami tindakan yang dilakukan dalam pemulasaran jenazah pasien Covid-19 sudah sesuai dengan prosedur dan dipastikan aman.

"Dan jika memungkinan menyiapkan makam yang khusus yang bisa digunakan secara maksimal oleh pasien Covid-19," katanya.

Terlebih, lanjut dia, berdasarkan ilmu kedokteran secara ilmiah menyatakan bahwa virus akan mati dalam waktu tujuh jam dalam tubuh jenazah. Kemudian, pihak rumah sakit pun mengupayakan agar tidak ada peluang untuk virus masih hidup dalam jenazah pasien.

"Sehingga saya imbau untuk menggunakan ilmu dalam mengabil keputusan, jangan oleh provokasi tanpa ilmu dan pengetahuan warga berwaspada dengan lebih emosional bukan dengan cara irasional," paparnya.

Dalam menyikapi pemakaman jenazah pasien Covid-19 ini, dia memastikan, sudah mendapatkan fatwa dari sejumlah Ulama. "Agar mengimbau warga Jagan menolak terjadinya pemakaman covid," pungkasnya. (Rianto Nurdiansyah)