Pandemi Corona, Kunjungan Napi di Sukamiskin Diganti Video Conference

Pandemi Corona, Kunjungan Napi di Sukamiskin Diganti Video Conference

INILAH, Bandung- Di tengah Pandemi Corona, Lapas Sukamiskin memperketat dan membatasi warga binaan permasyarakatan (WP) yang minta dirujuk ke rumah sakit. Bahkan kunjungan pun dihentikan fan diganti video conference (Vicon). 

"Memberikan pembatasan dan pemahaman bahwa yang Cito (penanganan darurat medis) adalah yang benar-benar telah direkomendasikan oleh dokter lapas," kata Kepala Lapas Sukamiskin Abdul Karim lewat pesan singkat, Senin (6/4/2020).

Pembatasan dilakukam dengan alasan  mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 di dalam lapas. Sebab pergerakan orang maupun barang rentan membawa virus tersebut. Makanya semua orang yang keluar masuk lapas terus dimonitor. 

Menurutnya, dari ratusan napi di Lapas Sukamiskin, hanya ada dua orang yang harus menjalani perawatan di luar lapas sesuai petunjuk dokter. Keduanya harus menjalani cuci darah rutin, yakni Yudi Kartolo dan Kamaludin. 

Selain membatasi pergerakan napi, Lapas Sukamiskin juga mulai saat ini sudah menutup akses kunjungan. Penutupan dilakukan hingga batas waktu yang tidak ditentukan. 

"Layanan kunjungan kami tutup sampai waktu yang belum ditentukan," kata dia. 

Sebagai gantinya, para napi bisa melakukan video call dengan keluarga maupun kerabat. Pihak lapas menyediakan ruangan khusus bagi napi untuk melakukan video call. (Ahmad Sayuti)